ANALISIS PENGELOLAAN CASH WAQF DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 41 TAHUN 2004 TENTANG WAKAF (Studi Yayasan Lampung Al Quran Center)

DEVI, ANGGRAENI (2024) ANALISIS PENGELOLAAN CASH WAQF DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 41 TAHUN 2004 TENTANG WAKAF (Studi Yayasan Lampung Al Quran Center). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (180Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1948Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS_TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1835Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pengelolaan wakaf uang (cash waqf) di Yayasan Lampung Al Quran Center mengalami berbagai kendala baik dari tataran sosial, maupun manajemen. Kendala yang paling mencolok bagi pemberdayaan wakaf uang adalah persoalan managemen yang tidak sesuai dengan Undang-Undang. Penelitian ini membahas mengenai pengelolaan wakaf uang (cash waqf) dalam perspektif Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 serta faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi pengelolaan wakaf uang. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan cash waqf pada Yayasan Lampung Al Quran Center dalam perspektif Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf dan bagaimana faktor pendukung dan pengehambat dalam pengelolaan cash waqf pada Yayasan Lampung Al Quran Center, dan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengelolaan cash waqf pada Yayasan Lampung Al Quran Center dalam perpsektif Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 dan untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan cash waqf pada Yayasan Lampung Al Quran Center. Metode penelitian yang digunakan adalah Normatif-Empiris dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris dengan mengadakan penelitian langsung dilapangan (field research) dengan tujuan untuk mengumpulkan data primer. Hasil dari penelitian ini adalah pengelolaan wakaf uang (cash waqf) di Yayasan Lampung Al Quran Center belum sepenuhnya mengacu pada undang-undang nomor 41 tahun 2004 tentang wakaf, dikarenakan wakaf uang tersebut belum terdaftar di LKS, pengelolaannya pun yang masih banyak karena nazhir yang belum profesional, serta belum mengikuti prosedur pengelolaan wakaf berdasarkan undang-undang dan faktor pendukung dalam pengelolaannya yaitu Sumber Daya Manusia (SDM), kinerja yang baik antara nazhir dan wakif dan mitra usaha. Faktor penghambat secara internal yaitu kurangnya profesionalitas nazhir dan pengelompokan tugas masing-masing nazhir belum signifikan. Hambatan Eksternal yaitu pertama, pelaksanaan adiministrasi wakaf yang masih kurang baik, musim panen jagung yang tidak tentu serta sistem kontrol dan pengawasan yang lemah. Kata Kunci : Pengelolaan, Cash Waqf, Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum
300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum > 346 Hukum privat, hukum perdata
Program Studi: Fakultas Hukum > Magister Hukum S2
Pengguna Deposit: 2308184259 . Digilib
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:28
Terakhir diubah: 26 Feb 2024 03:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79534

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir