MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SEKOLAH DASAR NEGERI 2 RAWA LAUT BANDAR LAMPUNG

ANNISA, FAHMA RANI (2024) MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SEKOLAH DASAR NEGERI 2 RAWA LAUT BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (34Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1442Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1174Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kegiatan ekstrakurikuler SDN 2 Rawa Laut dengan sub fokus penelitian yaitu, perencanaan kegiatan ekstrakurikuler, pengorganisasian ekstrakurikuler, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, dan evaluasi kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara snowball sampling. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, wakil kesiswaan, pendidik atau pembimbing kegiatan ekstrakurikuler, komite sekolah dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian 1) perencanaan kegiatan ekstrakurikuler meliputi penetapan visi misi, implementasi tujuan dan melaksanakan perencanaannya. 2) pengorganisasiaan kegiatan ekstrakurikuler meliputi tahap, struktur pengorganisasian, pembagian tugas dan kerjasama. 3) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler meliputi alokasi waktu, pengelolaan pelaksanaan, dan melaksanakan pelaksanaan. 4) evaluasi kegiatan ekstrakurikuler meliputi bentuk pengawasan dan penilaian barulah dilaukan evaluasi untuk meninjau kendala ataupun pencapaian kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Kata kunci: manajemen, kegiatan ekstrakurikuler This study aims to describe the management of extracurricular activities of SDN 2 Rawa Laut with sub-focus research, namely, planning extracurricular activities, organizing extracurriculars, implementing extracurricular activities, and evaluating extracurricular activities. This qualitative research uses a descriptive qualitative approach. The data collection technique is carried out by snowball sampling. The sources of research data are principals, student representatives, educators or extracurricular activity supervisors, school committees and students. Data collection techniques are carried out by interviews, observations, and document studies. Research results 1) planning extracurricular activities include setting the vision and mission, implementing goals and carrying out the planning. 2) Organizing extracurricular activities includes stages, organizing structures, division of tasks and cooperation. 3) Implementation of extracurricular activities including time allocation, implementation management, and carrying out implementation. 4) Evaluation of extracurricular activities includes the form of supervision and assessment and then evaluation is carried out to review the constraints or achievements of these extracurricular activities. Keywords: management, extracurricular ctivities

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308663239 . Digilib
Date Deposited: 06 Mar 2024 01:26
Terakhir diubah: 06 Mar 2024 01:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79623

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir