SHAFA , MUTIARA MAHARANI (2024) TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP KEPALA SEKOLAH DALAM MENGELOLA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR SE-KELURAHAN BANJARSARI METRO UTARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (191Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2153Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2328Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam mengelola sekolah di sekolah dasar Negeri Se-Kelurahan Banjarsari, Metro Utara. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar wawancara dengan 9 orang narasumber yaitu kepala sekolah dan pendidik serta lembar observasi digunakan untuk mengetahui sarana dan prasarana sekolah. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam mengelola sekolah kepala sekolah menjalankan perannya sesuai indikator sebagai pembaru, memberi teladan, mendorong kinerja pendidik, mengharmoniskan lingkungan kerja, memberdayakan bawahan, bertindak atas sistem nilai, meningkatkan kemampuannya terus menerus, dan mampu menghadapi situasi yang rumit, Dari hasil penelitian, pelaksanaan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pembelajaran sudah cukup baik meskipun ada beberapa hal yang belum dilakukan oleh kepala sekolah karena kendala yang ada. Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang didapatkan, kepala sekolah dapat dikatakan sudah menjalankan perannya dengan baik. Kata kunci : transformasional, pengelolaan sekolah, sekolah dasar This research aims to determine the transformational leadership of school principals in managing schools in state elementary schools in Banjarsari Subdistrict, North Metro. The research design used was descriptive qualitative. Data collection techniques used interview sheets with 9 sources, namely school principals and educators, and observation sheets were used to find out school facilities and infrastructure. From the research results it can be concluded that in managing schools the principal carries out his role according to the indicators as a reformer, setting an example, encouraging the performance of educators, harmonizing the work environment, empowering subordinates, acting on a value system, improving his abilities continuously, and being able to face complex situations. The results of the research show that the implementation of transformational leadership by school principals to improve the quality of learning is quite good, although there are several things that have not been done by school principals due to existing obstacles. Based on the results of interviews, observations and documentation obtained, the school principal can be said to have carried out his role well. Keywords: transformational, managing schools, elementary schools.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2308484599 . Digilib |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 06:29 |
Terakhir diubah: | 18 Mar 2024 06:29 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79679 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |