PENGARUH KETERJANGKAUAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM LIVE STREAMING SHOPPING TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (Studi pada Pengguna Aplikasi Shopee di Indonesia)

Qorina , Qurrota ‘Aina Haura (2024) PENGARUH KETERJANGKAUAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM LIVE STREAMING SHOPPING TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (Studi pada Pengguna Aplikasi Shopee di Indonesia). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (253Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3925Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3526Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pesatnya kemajuan teknologi internet merupakan sebuah inovasi dalam dunia bisnis. Kemajuan paling signifikan dalam belanja online adalah perkembangan e-commerce. Live streaming shopping telah menjadi fenomena populer di bidang e-commerce yang berkembang pesat dan pelaku bisnis menggunakan live streaming sebagai strategi pemasaran. Live streaming telah menjadi media yang berguna dan dapat diakses oleh konsumen karena meningkatnya penggunaan perangkat seluler dan internet berkecepatan tinggi. Penelitian ini menganalisis bagaimana keterjangkauan teknologi informasi memengaruhi pembelian impulsif dalam live streaming shopping pada pengguna aplikasi Shopee di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner untuk mengumpulkan data dari 320 responden yang merupakan pengguna Shoppe di Indonesia dengan kriteria pernah melihat live streaming shopping dan melakukan pembelian tidak terencana. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif untuk mengukur dan menganalisis data dengan tujuan untuk menguji hubungan sebab akibat antar variabel. Penelitian ini menggunakan software SEM-LISREL v8.8 untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterjangkauan metavoicing dan panduan belanja dapat memengaruhi konsumen untuk merasa terlibat dan hadir dalam live streaming shopping sehingga memengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian impulsif. Penelitian ini juga menemukan bahwa keterjangkauan visibilitas tidak berpengaruh terhadap imersif dalam live streaming shopping namun berpengaruh terhadap kehadiran dalam live streaming shopping. Penelitian ini juga menemukan bahwa keterjangkauan visibilitas memiliki hubungan negatif terhadap kehadiran dan terdapat hubungan negatif antara imersif terhadap pembelian impulsif. Kata Kunci: Keterjangkauan TI, live streaming shopping, pembelian impulsif, ecommerce.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen S2
Pengguna Deposit: 2308044162 . Digilib
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:58
Terakhir diubah: 21 Mar 2024 04:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79738

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir