PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI

WAHYU , LESTARI (2024) PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2403Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2351Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PPKn peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar PPKn peserta didik. Metode penelitian ini adalah expost facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 59 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan menggunakan sampling jenuh, sehingga seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar PPKn peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Metro Pusat tahun pelajaran 2023/2024. Kata kunci: hasil belajar ppkn, kecerdasan intrapersonal. The problem of this study is the low learning outcomes of Civics of fourth grade students of SD Negeri 5 Metro Pusat. This study aims to determine the positive and significant effect of intrapersonal intelligence on students' Civics learning outcomes. This research method is ex post facto with quantitative research type. Data collection techniques using questionnaires and documentation studies. The population in this study amounted to 59 students. The sampling technique used is non probability sampling using saturated sampling, so that the entire population is used as a research sample. The data collection instrument is a questionnaire with a likert scale, which was previously tested for validity and reliability. Data analysis using simple linear regression. The results showed that there was a significant influence between intrapersonal intelligence on the learning outcomes of Civics of fourth grade students of SD Negeri 5 Metro Pusat in the 2023/2024 academic year. Keywords: civics learning outcomes, intrapersonal intelligence.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308410873 . Digilib
Date Deposited: 25 Mar 2024 05:04
Terakhir diubah: 25 Mar 2024 05:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79773

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir