ESTIMASI POTENSI ENERGI PANAS BUMI MENGGUNAKAN METODE VOLUMETRIK BERDASARKAN HASIL SIMULASI NUMERIK DI GUNUNG RAJABASA (STUDI KASUS: PROSPEK UTARA)

RAMOT, EFRAIM FREDERICK TOGATOROP (2024) ESTIMASI POTENSI ENERGI PANAS BUMI MENGGUNAKAN METODE VOLUMETRIK BERDASARKAN HASIL SIMULASI NUMERIK DI GUNUNG RAJABASA (STUDI KASUS: PROSPEK UTARA). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_RAMOT EFRAIM FREDERICK TOGATOROP.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI_FULL_RAMOT EFRAIM FREDERICK TOGATOROP.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (9Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI_TANPA PEMBAHASAN_RAMOT EFRAIM FREDERICK TOGATOROP.pdf

Download (2194Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Lapangan panas bumi Gunung Rajabasa merupakan salah satu daerah eksplorasi panas bumi yang memiliki potensi energi yang cukup tinggi yang terletak di Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Namun, lapangan panas bumi Gunung Rajabasa saat ini masih dalam proses pengembangan dan belum meningkatnya status tahapan eksplorasi karena belum adanya sumur uji atau sumur eksplorasi. Penelitian bertujuan untuk melakukan simulasi numerik guna mendapatkan model aliran fluida hidrotermal, menentukan lokasi potensi sumur eksplorasi (well targeting), dan menghitung potensi energi listrik pada prospek Utara lapangan panas bumi Gunung Rajabasa menggunakan metode volumetrik. Berdasarkan hasil simulasi numerik didapatkan bahwa pada lintasan 1 dan 2, aliran panas dan fluidanya mengarah ke puncak Gunung Rajabasa dari Barat Laut ke Tenggara yang ditandai dengan keberadaan manifestasi berupa fumarola. Sedangkan pada lintasan 3, pergerakan fluida dan panasnya mengarah dari Barat ke Timur dan penyebarannya tidak sampai permukaan, kondisi tersebut sesuai dengan kondisi sebenarnya, yaitu tidak adanya manifestasi berupa fumarola. Berdasarkan dummy well dari ketiga lintasan, diperkirakan indikasi steam cap pada lintasan 1 berada pada kedalaman 300 – 900 m, lintasan 2 berada pada kedalaman 400 – 600 m, dan lintasan 3 berada pada kedalaman 1.600 – 2.700 m. Hasil perhitungan energi panas bumi Gunung Rajabasa menggunakan metode volumetrik dengan periode waktu 30 tahun adalah sebesar 207,60 MWe.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 550 Ilmu bumi dan geologi
600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Geofisika
Pengguna Deposit: 2308511986 . Digilib
Date Deposited: 26 Mar 2024 06:21
Terakhir diubah: 26 Mar 2024 06:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79799

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir