PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN BOARD GAME ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN PPKN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 1 METRO PUSAT

Dewi , Mustikawati (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN BOARD GAME ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN PPKN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 1 METRO PUSAT. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK SKRIPSI DEWI MUSTIKAWATI.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL DEWI MUSTIKAWATI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1313Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN_DEWI MUSTIKAWATI.pdf

Download (1545Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas III SD Negeri 1 Metro Pusat dikarenakan proses pembelajaran PPKn belum menerapkan model dan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan board game ular tangga pada pembelajaran PPKn terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental design) dengan desain penelitian yaitu non-equivalent control group design. Sampel penelitian ini berjumlah 58 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil N-gain dan uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran yang menggunakan model PBL berbantuan board game ular tangga lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran dengan model inquiry learning berbantuan media PPT. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, PPKn, problem based learning, board game ular tangga

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308460924 . Digilib
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:26
Terakhir diubah: 27 Mar 2024 03:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79825

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir