EVALUASI KORELASI UNSUR PARAMETER GAS ANALYZER DAN PERANGKAT PENGUKUR KECEPATAN SERTA ARAH ANGIN DENGAN BANTUAN KOMPUTASIONAL PYTHON

Irfan, Mirda (2024) EVALUASI KORELASI UNSUR PARAMETER GAS ANALYZER DAN PERANGKAT PENGUKUR KECEPATAN SERTA ARAH ANGIN DENGAN BANTUAN KOMPUTASIONAL PYTHON. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_Irfan Mirda.pdf

Download (192Kb) | Preview
[img] File PDF
Irfan Mirda_Skripsi_Lengkap.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2473Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Irfan Mirda_Skripsi_Tanpa Bab 4.pdf

Download (1867Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia merupakan konsekuensi dari lebih dari seabad emisi Gas Rumah Kaca (GHG). Dalam upaya menangani perubahan iklim, berbagai metode pengukuran emisi dan stok karbon telah dikembangkan, salah satunya adalah metode eddy covariance. Metode eddy covariance yang berkembang saat ini memerlukan perangkat gas analyzer dan perangkat pengukur kecepatan serta arah angin tiga dimensi. Untuk mendapatkan hasil model data yang akurat, analisis korelasi menjadi suatu kebutuhan untuk memahami hubungan antar variabel output perangkat. Oleh karena itu, penulis telah mengembangkan algoritma penyesuaian dan korelasi data guna mendukung pengembangan model data dengan baik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan analisis korelasi antara data gas analyzer dan perangkat pengukur kecepatan serta arah angin tiga dimensi menggunakan metode korelasi seperti pearson, sirkuler linier, dan canonical correlation analysis. Selain itu, penelitian ini bertujuan membangun algoritma exploratory data analysis (EDA) dan korelasi dengan bantuan komputasi Python dari data multiparameter perangkat gas analyzer dan perangkat pengukur kecepatan serta arah angin tiga dimensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang relevan antara variabel perangkat gas analyzer dan 3D anemometer, dengan signifikansi yang bervariasi tergantung pada skenario pengujian. Informasi ini memiliki implikasi penting dalam pembuatan model dan analisis data selanjutnya untuk kedua perangkat. Penelitian ini juga telah berhasil membangun algoritma exploratory data analysis yang relevan dan efektif, memudahkan analisis data untuk pemahaman dan pengolahan data yang lebih baik. Kata kunci: Gas Rumah Kaca (Greenhouse Gases), Eddy Covariance, Correlation Analysis, Exploratory Data Analysis (EDA).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Elektro
Pengguna Deposit: 2308590681 . Digilib
Date Deposited: 02 Apr 2024 05:31
Terakhir diubah: 02 Apr 2024 05:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79899

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir