ANALISIS SWOT DALAM GASTRODIPLOMASI INDONESIA DI AMERIKA SERIKAT, 2018–2022

YOHANES GABRIEL P. , MANURUNG (2024) ANALISIS SWOT DALAM GASTRODIPLOMASI INDONESIA DI AMERIKA SERIKAT, 2018–2022. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (395Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1540Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (946Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Indonesia merupakan salah satu negara yang melakukan gastrodiplomasi. Amerika Serikat menjadi salah satu negara tujuan utama gastrodiplomasi Indonesia dengan berbagai potensinya. Namun, gastrodiplomasi Indonesia belum maksimal dengan keunggulan yang disandangnya. Pelaksanaan gastrodiplomasi di Amerika Serikat perlu untuk dianalisis aspek-aspek yang menjadi strengths, weaknesses, opportunities, dan threats. Penelitian ini mendeskripsikan gastrodiplomasi Indonesia di Amerika Serikat menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Fokus penelitian ini adalah menganalisis aspek-akspek strengths, weaknesses, opportunities, dan threats pada gastrodiplomasi Indonesia di Amerika Serikat pada tahun 2018–2022. Penelitian ini menghimpun data primer dan sekunder. Wawancara dengan pejabat PPID Kementerian Pariwisata dan Luar Negeri dilakukan untuk memperoleh data primer dan data sekunder didapatkan melalui studi pustaka dari berbagai sumber data terutama dari situs Kementerian Pariwisata dan jurnal-jurnal gastrodiplomasi Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan gastrodiplomasi Indonesia di Amerika Serikat memiliki kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bila dianalisis melalui metode SWOT. Faktor strengths gastrodiplomasi Indonesia yaitu jumlah restoran yang banyak, komunitas diaspora yang kuat, KBRI yang berada di kota populer, dan kelezatan kulinernya. Faktor weaknesses terdiri dari keterbatasan dana, pendanaan yang hati-hati, kurangnya SDM, dan hidangan yang tidak konsisten. Faktor opportunities terdiri dari keterbukaan masyarakat Amerika Serikat, diaspora Asia dan Timur Tengah sebagai target market, masyaraka Amerika Serikat konsumtif, dan pemanfaatan digital marketplace. Faktor threats terdiri dari mahalnya pendirian restoran, izin beroperasi yang sulit, dan kepopuleran kuliner Asia lain. Strategi-strategi gastrodiplomasi Indonesia di Amerika Serikat juga perlu dibentuk dengan mengonstruksikan elemen internal dan eksternal yang menjadi kelebihan dan kekurangan gastrodiplomasi Indonesia. Kata kunci : Gastrodiplomasi, Indonesia, Amerika Serikat, Analisis SWOT Indonesia is one or other countries that carries out gastrodiplomacy. The United States become one of the main objectives for Indonesia’s gastrodiplomacy with its various potentials. However, Indonesia’s gastrodiplomacy has not maximized its advantages. The implementation of gastrodiplomacy in the United States needs to analyze aspects that become strength, weakness, opportunity, and threat. This research is describing Indonesia’s gastrodiplomacy in United States using a qualitative approach with descriptive analysis. This research focusing on analysis of the strength, weakness, opportunity, and threat in Indonesia’s gastrodiplomacy in The United States in the 2018–2022. This research collects primary and secondary data. Interviews with the PPID offcials of Ministry of Tourism and Foreign Affairs were conducted to acquire primary data and secondary data was acquired through literature studies from various data sources, mainly through the Ministry of Tourism’s website and Indonesia’s gastrodiplomacy journals. The result of this study shows that Indonesia’s gastrodiplomacy in United States has strengths, weaknesses, opportunities, and threats when analyzed using the SWOT method. These factors exist from the internal and external sides of Indonesia’s gastrodiplomacy. The strengths of Indonesia’s gastrodiplomacy are the large number of restaurants, strong diaspora community, embassy located in popular city, and its culinary delight. Weaknesses factors consist of limited funds, careful funding, lack of human sources, and inconsistent food served. The opportunities factors consist of the openness of American people, Asian and Middle Eastern diaspora as target markets, the consumerist of American people, and the use of digital marketplace. Threats factors consist of high cost of setting up restaurant, difficult operating permits, and the popularity of other Asian Culinary. Indonesia’s gastrodiplomacy strategy in United States also need to be formed by constructing internal and external elements that become the strength and weakness of Indonesian gastrodiplomacy. Keywords : Gastrodiplomacy, Indonesia, United States, SWOT Analysis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi S1-Hubungan Internasional
Pengguna Deposit: 2308694582 . Digilib
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:38
Terakhir diubah: 03 Apr 2024 04:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79916

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir