ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGINTERPRETASI CITRA POLA KERUANGAN SOSIAL BUDAYA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE MAPS

RIRIN , POSMARINA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGINTERPRETASI CITRA POLA KERUANGAN SOSIAL BUDAYA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE MAPS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2033Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1251Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Materi pola keruangan dalam pembelajaran membutuhkan visualisasi yang kuat agar siswa dapat memahami konsep-konsep yang kompleks. Namun, penggunaan media konvensional yang tidak mendukung visualisasi interaktif dapat menyulitkan siswa dalam memahami materi dan mengembangkan kemampuan menginterpretasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi pola-pola spasial, melihat karakteristik bangunan, menganalisis lingkungan alam, dan interpretasi citra pola keruangan sosial budaya menggunakan aplikasi Google Maps pada siswa di SMA Negeri 1 Kalianda. Penelitian dilakukan di kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Kalianda. Hasil peneliti ini menggunakan metode studi kasus dimana penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas XII IPS 2 yang berjumlah 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 33 siswa atau 94,29% dapat menggunakan Aplikasi Google Maps dengan sangat baik, dimana para siswa mampu mengidentifikasi pola-pola spasial yang ada di sekitar rumah. Pada 29 siswa atau 82,86 % sudah mampu melihat karakteristik bangunan. Perbedaan citra masing masing siswa membuat mereka bisa menginterpretasi dalam mengerjakan tugas PJBL yang telah di berikan oleh guru, dimana siswa diajak melihat bentuk pola keruangan dan mereka memahami suku apa saya yang ada di sekitar rumah mereka. Terdapat 28 siswa atau 80 % mampu menginterpretasi karakteristik keruangan sosial budaya, dan 30 siswa atau 85,71 % mampu menyimpulkan pola keruangan daerahnya. Karakteristik sosial budaya menunjukkan kondisi suatu wilayah yang dilihat dari kondisi sosial penduduk serta karakteristik budaya yang meliputi suku dan kegiatan budaya. Kata kunci : Aplikasi GoogleMaps, Menginterpretasi, Pola Keruangan, Sosial Budaya. Spatial pattern material in learning requires strong visualization so that students can understand complex concepts. However, the use of conventional media that does not support interactive visualization can make it difficult for students to understand the material and develop interpretation skills. This research aims to determine students' ability to identify spatial patterns, see building characteristics, analyze the natural environment, and interpret images of socio-cultural spatial patterns using the Google Maps application among students at SMA Negeri 1 Kalianda. The research was conducted in class XII IPS 2 of SMA Negeri 1 Kalianda. The results of this researcher used the case study method where this research involved all 35 class XII IPS 2 students. The research results showed that 33 students or 94.29% could use the Google Maps application very well, where the students were able to identify spatial patterns around the house. 29 students or 82.86% were able to see the characteristics of the building. The differences in the image of each student enable them to interpret when carrying out the PJBL assignment that has been given by the teacher, where students are invited to see the shape of spatial patterns and they understand what ethnicity is around their house. There were 28 students or 80% able to interpret socio-cultural spatial characteristics, and 30 students or 85.71% were able to infer regional spatial patterns. Socio-cultural characteristics show the condition of an area as seen from the social conditions of the population as well as cultural characteristics which include ethnicity and cultural activities. Keywords: GoogleMaps Application, Interpreting, Spatial Patterns, Socio-Cultural.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 2308089075 . Digilib
Date Deposited: 03 Apr 2024 07:13
Terakhir diubah: 03 Apr 2024 07:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79924

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir