KHOIRIAH, KHOIRIAH (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ARISE BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUE UNTUK MENSTIMULASI SCIENTIFIC COMMUNICATION SKILLS. [Disertasi]
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
File PDF
2. DISERTASI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2728Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. DISERTASI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2130Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran aware, read, interact, share, dan evaluate (ARISE) berbasis socio scientific issue (SSI) yang valid, praktis, dan efektif untuk menstimulasi scientific communication skills (SCS) pada peserta didik SMP di wilayah urban, semiurban, dan rural dengan kecenderungan gaya belajar visual, auditori, dan kinetetik. Penelitian ini menggunakan prosedur R and D mengacu Borg and Gall meliputi tahap studi pendahuluan, pengembangan, dan pengujian. Aktivitas studi pendahuluan terdiri dari studi literatur dan studi lapangan. Tahap pengembangan mendesain draft model pembelajaran ARISE berbasis SSI, validasi teoritis oleh 5 validator ahli, dan uji coba terbatas. Tahap pengujian dilakukan uji coba lapangan. Tahap studi pendahuluan melibatkan 2.436 peserta didik kelas VIII SMP se-Indonesia, tahap pengembangan menggunakan 3 kelas VIII SMP, sedangkan tahap pengujian mengikutsertakan 6 kelas VII di tiga kabupaten/kota Provinsi Lampung. Pengumpulan data tahap studi pendahuluan menggunakan SCSI, tahap pengembangan memakai instrumen validasi teoritis dan empiris juga instrumen uji kepraktisan, sedangkan tahap pengujian memakai instrumen asesmen SCS, instrumen observasi keterlaksanaan pembelajaran, kemampuan guru model dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik, serta tanggapan guru model dan peserta didik terhadap pembelajaran. Data pada tahap studi pendahuluan dan pengembangan dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan tahap pengujian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan statistik inferensial. Hasil studi lapangan ditemukan bahwa sebagian besar peserta didik kelas VIII SMP se-Indonesia memiliki keterampilan SCS listening and observing cukup baik tetapi keterampilan SCS lainnya information retrieval, scientific reading, scientific writing, information representation, dan knowledge presentation masih tergolong rendah. Hasil studi literatur diketahui bahwa model pembelajaran yang sejauh ini berkembang di Indonesia dinyatakan mampu menstimulasi SCS tetapi masih terbatas mengembangkan knowledge presentation. Data studi pendahuluan ini memberi petunjuk bahwa pengembangan kompetensi SCS perlu dilakukan. Penelitian tahap pengembangan menunjukkan hasil bahwa model pembelajaran ARISE berbasis SSI dinyatakan memiliki validitas dan kepraktisan terkategori sangat tinggi sehingga layak digunakan dalam pembelajaran menstimulasi SCS. Hasil penelitian pada tahap pengujian menyimpulkan bahwa model pembelajaran ARISE berbasis SSI efektif menstimulasi SCS peserta didik SMP di wilayah urban, semiurban, dan rural dengan gaya belajar visual, auditory, dan kinestetik. Kata kunci: model pembelajaran ARISE berbasis socio scientific issue, scientific communication skills, urban, semiurban, rural, gaya belajar.
Jenis Karya Akhir: | Disertasi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Program Studi Doktor Pendidikan (S3) |
Pengguna Deposit: | 2308466660 . Digilib |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 03:28 |
Terakhir diubah: | 04 Apr 2024 03:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79963 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |