TEKS, KONTEKS, DAN KOGNISI SOSIAL WACANA BERTEMA PENDIDIKAN DALAM SITUS KOMPASIANA DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA DI SMA

Dewi Ratna Ningsih, 1323041003 (2015) TEKS, KONTEKS, DAN KOGNISI SOSIAL WACANA BERTEMA PENDIDIKAN DALAM SITUS KOMPASIANA DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA DI SMA. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Cover Dalam.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Abstract.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Halaman Persetujuan.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Halaman Pengesahan.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Lembar Pernyataan.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Riwayat Hidup.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Persembahan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Motto.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Sanwacana.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Lampiran.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Isi.pdf

Download (186Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (140Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (215Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1123Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Pustaka.pdf

Download (110Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini mengaji tentang teks, konteks, dan kognisi sosial wacana bertema pendidikan dalam situs Kompasiana serta implikasi hasil penelitian pada pembelajaran bahasa di SMA. Komponen teks yang dianalisis adalah tema, skema, latar, detil, maksud, praanggapan, nominalisasi, pengingkaran, bentuk kalimat, koherensi, koherensi kondisional, koherensi pembeda, kata ganti, leksikon, grafis, dan metafora. Sementara konteks diartikan sebagai situasi, peristiwa, dan kondisi di luar teks. Kognisi sosial merupakan proses produksi wacana yang melibatkan kognisi individu dari penulis (pembuat wacana). Implikasi hasil penelitian akan membicarakan tentang rencana pelaksanaan pembelajaran yang akan diimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan mendeskripsikan teks, konteks, dan kognisi sosial wacana bertema pendidikan dalam situs Kompasiana serta mengimplikasikan hasil penelitian pada pembelajaran bahasa di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan model analisis wacana kritis van Dijk. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan didapat hasil sebagai berikut. Unsur-unsur teks yang terdapat dalam wacana yang telah dianalisis mengemukakan tentang proses kritik terhadap fenomena atau kejadian yang terjadi di masyarakat. Sementara, konteks yang merupakan hal-hal di luar teks yang memengaruhi proses produksi teks menjadi hal yang dapat memeperjelas teks yang ditulis oleh pembuat wacana. Selanjutnya, kognisi sosial atau pengetahun kemasyarakatan yang menjadi modal pembuat wacana dalam menulis juga menjadi hal yang memperkokoh substansi dari wacana. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar dan bahan bacaan. Sebagai alternatif bahan ajar, hasil penelitian berupa rencana pelaksanaan pembelajaran berguna sebagai skenario pembelajaran yang dapat diimplementasikan di sekolah sedangkan sebagai alternatif bahan bacaan, hasil penelitian berguna sebagai suplemen penambah pengetahuan terkait wacana kritis. Kata kunci: analisis wacana kritis, Van Dijk, Kompasiana ABSTRACT The research discuss about text, context, and social cognition of education discourse in Kompasiana site, and its implication to Bahasa Indonesia learning in Senior High School. The text components analyzed are theme, schema, background, detail, purpose, assumption, nominalization, sentence form, sentence coherence, conditional coherence, contrast conherence, word replacement, lexicon, graphic, and metaphor. Meanwhile, text is assumed as the situation, accident, and some external condition. Social cognition denotes discourse production process which involves individual or someone cognition from the discourse writer. The implication of research result discuss about the planning of learning implemented in teaching learning process in the school. This research is carried out to analize and describe text, context, and social cognition of education discourses in Kompasiana site and apply the result of the research in Bahasa Indonesia learning in Junior High School. The method used in this research is qualitative method with critical discourse analysis by Van Dijk. Based on the result of the research and discussion, text components in every discourse reveals the critical facts in society. Meanwhile, context denotes external component which affect text production process so the discourse become more conprehensive. Then, social cognition or social knowledge which becomes the framework of writer could emphasize the discourse result. The result of the research could be used as teaching material and text book. As teaching material, the result of the research (Learning Planning) could be used as the learning procedure, and it could be implemented in the school. Meanwhile, as textbook, the result is useful for increase knowledge and information about critical discourses. Keywords: critical discourse analysis, Van Dijk, Kompasiana

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 7830857 . Digilib
Date Deposited: 10 Apr 2015 04:23
Terakhir diubah: 30 Oct 2015 02:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8014

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir