PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN POSTER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SUSTAINABILITY AWARENESS PESERTA DIDIK

Khomsatun , Nikmah (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN POSTER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SUSTAINABILITY AWARENESS PESERTA DIDIK. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Lampung .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_KHOMSATUN NIKMAH.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL SKRIPSI_KHOMSATUN NIKMAH.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1635Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_KHOMSATUN NIKMAH.pdf

Download (1258Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan poster terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sustainability awareness peserta didik. Penelitian dilaksanakan pada semester genap di SMAN 1 Ketapang, Sampel diambil menggunakan teknik Purposive sampling sehingga diperoleh kelas X3 sebanyak 33 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas X5 sebagai kelas eksperimen sebanyak 34 peserta didik. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasy experiment dengan teknik Pretest Posttest Nonequivalent Control Group. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes kemampuan pemecahan masalah, angket sustainability awareness, dan angket tanggapan peserta didik. Hasil uji independent sample t-test didapatkan nilai sig. (2-tailend) 0,000 0,005. Hasil perhitungan angket sustainability awareness kelas eksperimen mendapatkan rata-rata 86,4 dengan kategori sering dilakukan sedangkan kelas kontrol sebesar 68,3 dengan kategori sedang dilakukan. Data angket respon peserta didik menunjukan bahawa model PBL berbantuan poster dapat diterima dengan baik dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sustainability awareness. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model PBL. berbantuan poster berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sustainability awareness peserta didik. Kata kunci: Model Problem Based Learning. Kemampuan Pemecahan Masalah, Sustainability Awareness

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308361032 . Digilib
Date Deposited: 13 Dec 2024 02:32
Terakhir diubah: 13 Dec 2024 02:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/80600

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir