PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA E-COMIC TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Nadya, Anom Permata (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA E-COMIC TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (225Kb) | Preview
[img] File PDF
2. FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3016Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. FILE SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHAS.pdf

Download (2126Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantu media e-comic terhadap kemampuan literasi sains kelas VII pada materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih menggunakan purposive sampling. Kelas eksperimen menggunakan model discovery learning berbantu media e-comic dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Data kemampuan literasi sains diperoleh dari pretest-posttest yang dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney Test. Data tanggapan peserta didik tentang model discovery learning berbantu media e-comic dikumpulkan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model discovery learning berbantu media e-comic terhadap kemampuan literasi sains, dengan nilai sig.(2 tailed) 0,004 < 0,05 dan hasil perhitungan n-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,59. Respons angket penggunaan model discovery learning berbantu media e-comic sebesar 90,35% dengan kategori sangat baik sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model model discovery learning berbantu media e-comic terhadap kemampuan literasi sains.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
100 Filsafat dan psikologi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308543953 . Digilib
Date Deposited: 13 Dec 2024 02:42
Terakhir diubah: 13 Dec 2024 02:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/80611

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir