PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Annisa Prima, Sifa (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_ ANNISA PRIMA SIFA.pdf

Download (277Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN_ ANNISA PRIMA SIFA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1423Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB 4 DAN LAMPIRAN_ ANNISA PRIMA SIFA.pdf

Download (1265Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PjBL terintegrasi STEM terhadap kreativitas siswa pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan quasy experiment dengan desain Pretest-posttest nonequivalent control group. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling, terpilih kelas VII H berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol, dan kelas VII G berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model PjBL terintegrasi STEM pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model PjBL. Data kreativitas dimensi proses diambil dengan menggunakan tes, data kreativitas dimensi produk diukur menggunakan rubrik penilaian produk, serta tanggapan siswa terkait pembelajaran menggunakan model PjBL terintegrasi STEM (diukur menggunakan angket. Hasil penelitian berdasarkan data menunjukkan bahwa kreativitas dimensi proses pada siswa yang menggunakan model PjBL terintegrasi STEM mendapatkan hasil rata-rata N-gain lebih tinggi dengan kategori sedang (0,63) dibandingkan dengan rata-rata N-gain kelas kontrol yang termasuk kategori rendah (0,28). Kreativitas dimensi proses tertinggi terdapat pada indikator fluency. Berdasarkan perolehan hasil angket respon peserta didik didapatkan rata-rata 89,64% berpendapat bahwa pembelajaran menggunakan model PjBL terintegrasi STEM dapat meningkatkan kreativitas siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PjBL terintegrasi STEM berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kreativitas peserta didik. Kreativitas dimensi proses tertinggi terdapat pada indikator fluency. Kata Kunci : kreativitas, project based learning, STEM, pencemaran lingkungan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308769423 . Digilib
Date Deposited: 16 Dec 2024 06:38
Terakhir diubah: 16 Dec 2024 06:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/80739

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir