PENGARUH PBL-STEM BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 GADINGREJO

Wulan Rahma, Prastiwi (2024) PENGARUH PBL-STEM BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 GADINGREJO. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (1516Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3405Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3532Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan PBL-STEM berbasis socio-scientific issues terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMP Negeri 1 Gadingrejo. Sampel yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel 32 peserta didik kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan 32 peserta didik kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan quasy experiment dengan teknik pretest-posttest non equivalent control group design. Data kemampuan pemecahan masalah diukur menggunakan pretest-posttest sedangkan data tanggapan peserta didik terhadap penggunaan PBL-STEM berbasis socio-scientific issues diukur menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik di kelas eksperimen (0,66 kategori sedang) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (0,45 kategori sedang). Hasil uji independent sample t-test didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan PBL-STEM berbasis socio-scientific issues berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Peningkatan indikator kemampuan pemecahan masalah yang paling tinggi adalah merumuskan alternatif strategi (0,81 kategori tinggi) sedangkan yang paling rendah adalah mengevaluasi pemecahan masalah (0,49 kategori sedang). Hasil tanggapan didapatkan hampir semua peserta didik setuju (85,72%) bahwa penggunaan PBL-STEM berbasis socio-scientific issue menunjukkan adanya tanggapan positif dan diterima baik oleh peserta didik. Kata kunci: PBL, STEM, Socio-Scientific Issues, Kemampuan Pemecahan Masalah

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 2308933092 . Digilib
Date Deposited: 17 Dec 2024 08:35
Terakhir diubah: 17 Dec 2024 08:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/80795

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir