Anisa, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (757Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (757Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunanan model pembelajaran PBL berbasis etnosains terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X 1 SMAN 2 Kasui. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan teknik pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini berjumlah 69 peserta didik yang diambil dengan menggunakan cluster random sampling yang terdiri dari kelas X 1 sebagai kelas eksperimen dan X 2 sebagai kelas kontrol. Data kemampuan berpikir kritis didapatkan dari hasil pretest dan posttest serta data tanggapan peserta didik didapatkan dari hasil angket. Data kemampuan berpikir kritis di analisis menggunakan uji hipotesis Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL berbasis etnosains berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu didapatkan nilai Sig.(2-tailed) 0,00 < 0,05. Kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi dengan kriteria sedang yaitu N-gain sebesar 0,47 dibandingkan kelas kontrol dengan kriteria rendah yaitu N-gain sebesar 0,27. Dilakukan juga uji pengaruh (effect size) yang menunjukkan penggunaan model pembelajaran PBL berbasis etnosains berpengaruh besar terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis yaitu sebesar 3,33. Analisis angket tanggapan peserta didik menunjukkan sebagian besar (85,14%) peserta didik memberikan respon positif bahwa penggunaan model pembelajaran PBL berbasis etnosains membantu peserta didik mengaitkan materi dengan fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari sehingga memudahkan peserta didik memahami materi keanekaragaman hayati. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL berbasis etnosains berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, peserta didik, problem Based Learning berbasis etnosains
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2308142850 . Digilib |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 04:26 |
Terakhir diubah: | 19 Dec 2024 04:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/80855 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |