PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN KARTU UNO MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Rahmawati Annisa, Putri (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN KARTU UNO MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img] File PDF (SKRIPSI (Full))
SKRIPSI (Full).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2340Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (SKRIPSI (Tanpa Pembahasan))
SKRIPSI (Tanpa Pembahasan).pdf

Download (2524Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan kartu Uno matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Gading Rejo yang tersebar dalam 8 kelas, yakni dari kelas VII A hingga VII H. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh siswa kelas VII E sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII G sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif yang menggambarkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji Mann-Whitney U, diperoleh bahwa median skor peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model PBL berbantuan kartu Uno matematika lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantuan kartu Uno matematika berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci : kartu Uno matematika, kemampuan pemecahan masalah matematis, PBL

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2308268196 . Digilib
Date Deposited: 19 Dec 2024 08:20
Terakhir diubah: 19 Dec 2024 08:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/80884

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir