PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERDIFERENSIASI DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

Dewi, Latifah (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERDIFERENSIASI DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (136Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1135Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (961Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) Berdiferensiasi ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental semu dengan pola desain yaitu Pretest-postest Non-equivalen Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA N 1 Tanjung Bintang yang berjumlah 360 orang dengan sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, sehingga terpilih 72 peserta didik yaitu kelas X-4 dan X-6. Data kemampuan berpikir kreatif diambil menggunakan tes dan dianalisis menggunakan Uji Independent Sample T-Tes, sedangkan data keterlaksanaan sintaks dan tanggapan peserta didik diambil dengan angket dan dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen lebih tinggi (N-gain 0,59) dan berbeda nyata dibandingkan dengan kelas kontrol (N-gain 0,29). Hasil ini didukung oleh uji effect size berkategori “besar” (2,22), yang artinya bahwa model PBL Berdiferensiasi berpengaruh besar terhadap kemampuan berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif tertinggi pada kelas eksperimen terdapat pada indikator Fluency (N-gain 0,65) dengan kategori “sedang” dan terendah pada indikator Elaboration (N-gain 0,55). Hasil analisis angket tanggapan menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen memberikan tanggapan yang lebih positif (92,50%) dibandingkan kelas kontrol, dengan seluruhnya (100%) menyatakan sintaks pembelajaran terlaksana dengan lengkap dan benar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berdiferensiasi berpengaruh signifikan ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Problem Based Learning Berdiferensiasi, Perubahan Iklim.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 379 Masalah kebijakan publik dalam pendidikan; peraturan-peraturan pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308041683 . Digilib
Date Deposited: 19 Dec 2024 17:42
Terakhir diubah: 19 Dec 2024 17:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/80908

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir