EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOSAINS BATIK TULIS LAMPUNG UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KIMIA SISWA PADA MATERI KOLOID

BELLA , TIRTA RANI (2024) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOSAINS BATIK TULIS LAMPUNG UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KIMIA SISWA PADA MATERI KOLOID. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ASBTRACT.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3083Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2965Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning berbasis etnosains batik tulis Lampung untuk meningkatkan literasi kimia siswa pada materi koloid. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Terusan Nunyai semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini, yaitu siswa kelas XI 1 dan XI 3 dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode penelitian ini menggunakan Quasi Experiment dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model discovery learning berbasis etnosains batik tulis Lampung dianalisis menggunakan uji paired sample T-test dan uji effect size terhadap literasi kimia siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest literasi kimia siswa yaitu 33,85 dan rata-rata nilai posttest yaitu 82,71 yang mengalami peningkatan sebesar 48%. Rata-rata n-Gain 0,74 menunjukkan kategori tinggi. Berdasarkan uji paired sample T-test yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai pretest literasi kimia siswa lebih rendah dari rata-rata nilai posttest literasi kimia siswa pada materi koloid. Hasil tersebut menunjukkan model discovery learning berbasis etnosains batik tulis Lampung efektif untuk meningkatkan literasi kimia siswa pada materi koloid sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil pengujian effect size menunjukkan bahwa 96% peningkatan literasi kimia siswa dipengaruhi oleh model discovery learning berbasis etnosains batik tulis Lampung dengan kriteria besar. Kata kunci: discovery learning, etnosains batik tulis Lampung, literasi kimia siswa

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308642106 . Digilib
Date Deposited: 20 Dec 2024 07:16
Terakhir diubah: 20 Dec 2024 07:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/80935

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir