PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI, KREATIVITAS, DAN MODAL USAHA TERHADAP KEBERLANJUTAN UMKM DALAM INDUSTRI FASHION DI BANDAR LAMPUNG

NESYA , MAHARANI PUTRI (2024) PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI, KREATIVITAS, DAN MODAL USAHA TERHADAP KEBERLANJUTAN UMKM DALAM INDUSTRI FASHION DI BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ASBTRACT.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1215Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANP[A BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1028Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perekonomian Indonesia didominasi oleh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). UMKM berperan penting dalam pertumbuhan perekonomian suatu Negara. UMKM merupakan salah satu jenis usaha yang mampu bertahan ketika adanya krisis ekonomi melanda perekonomian Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh signifikan dari Teknologi Informasi, Kreativitas, dan Modal Usaha terhadap keberlanjutan UMKM. menggunakan metode kuantitatif untuk mengevaluasi pengaruh antara variabel independen dan keberlanjutan UMKM. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dari 115 UMKM melalui kuesioner terstruktur. Temuan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Kreativitas memiliki pengaruh signifikan terhadap keberlanjutan UMKM. Kemudian variabel Teknologi Informasi menunjukkan pengaruh signifikan dalam mendukung keberlanjutan UMKM. Begitupun dengan hasil Modal Usaha memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keberlanjutan UMKM, sejalan dengan literatur yang ada. Koefisien determinasi (R²) sebesar 43,7% menunjukkanbahwa ketiga variabel independen tersebut dapat menjelaskan variasi dalam keberlanjutan UMKM. Hasil ini menunjukkan pentingnya perhatian terhadap ketiga variabel tersebut dalam mendukung keberlanjutan UMKM di sektor fashion. Berdasarkan temuan tersebut, penulis memberikan beberapa saran. Pertama, untuk meningkatkan pemanfaatan Teknologi Informasi, perusahaan perlu meningkatkan sistem analisis data dan pelatihan bagi manajer dalam interpretasi data. Kedua, untuk memperkuat Kreativitas, perusahaan disarankan untuk mendorong budaya inovasi dan mengadakan sesi brainstorming. Ketiga, dalam hal Modal Usaha, perusahaan harus mengembangkan strategi investasi yang lebih fokus pada pertumbuhan jangka panjang. Terakhir, UMKM perlu memperkuat strategi untuk meningkatkan nilai pasar melalui inovasi produk dan kolaborasi dengan pihak eksternal. Dengan mengikuti saran-saran ini, diharapkan UMKM dalam industri fashion di Bandar Lampung dapat mencapai keberlanjutan yang lebih baik. Kata Kunci: Teknologi Informasi, Kreativitas, Modal Usaha, Keberlanjutan UMKM

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
600 Teknologi (ilmu terapan) > 650 Manajemen dan layanan tambahan
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Manajemen
Pengguna Deposit: 2308585050 . Digilib
Date Deposited: 20 Dec 2024 08:57
Terakhir diubah: 20 Dec 2024 08:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/80967

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir