Emilia, Nafaza (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBASIS SIMULASI MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TRANSLASI SATU LEVEL REPRESENTASI PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (271Kb) | Preview |
|
File PDF
2. FILE SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3546Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2682Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran discovery berbasis simulasi molekul untuk meningkatkan kemampuan translasi satu level representasi kimia pada materi hukum dasar kimia. Mertode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretes-postes control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Merdeka SMA Negeri 1 Katibung Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas X merdeka 6 sebagai kelas kontrol dan kelas X merdeka 5 sebagai kelas eksperimen. Pengujian hipotesis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan indepedent sample t-test. Hasil Penelitian menunjukkan pada perhitungan rata-rata n-gain kelas eksperimen sebesar 0,75 dengan kriteria “tinggi”. Hasil uji perbedaan dua rata-rata menunjukkan bahwa terdapat perbedaan n-gain rata-rata kemampuan translasi dalam satu level representasi siswa secara signifikansi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan, pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul secara signifikan efektif dalam meningkatkan kemampuan translasi dalam satu level representasi kimia siswa pada materi hukum dasar kimia. Kata Kunci: Pembelajaran Discovery, Simulasi Molekul, Kemampuan Translasi Dalam Satu Level Representasi Kimia, Hukum Dasar Kimia
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2308087974 . Digilib |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 06:59 |
Terakhir diubah: | 16 Jan 2025 06:59 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81181 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |