EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBASIS SIMULASI DINAMIKA MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TRANSLASI ANTARLEVEL REPRESENTASI KIMIA SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Athifah, Az Zahra (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBASIS SIMULASI DINAMIKA MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TRANSLASI ANTARLEVEL REPRESENTASI KIMIA SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3994Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1766Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran discovery berbasis simulasi dinamika molekul dalam meningkatkan kemampuan translasi antarlevel representasi kimia siswa pada materi laju reaksi. Penelitian ini menggunakan desain pretest-postest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Perintis 2 Bandarlampung yang mengambil peminatan Kimia tahun ajaran 2024/2025 yang terdistribusi ke dalam 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas XI-7 sebagai kelas eksperimen dan XI-4 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain kelas eksperimen sebesar 0,67 atau berkategori sedang di kelas eksperimen. Hasil uji t menunjukkan bahwa rata-rata n-gain kemampuan translasi antarlevel representasi kimia siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan rata-rata n-gain kelas kontrol pada materi laju reaksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran discovery berbasis simulasi dinamika molekul efektif dalam meningkatkan kemampuan translasi antarlevel representasi kimia siswa pada materi laju reaksi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308478119 . Digilib
Date Deposited: 24 Jan 2025 01:11
Terakhir diubah: 24 Jan 2025 01:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81257

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir