SHELA , FEBRIANI (2024) IMPLEMENTASI MEDIA BOOKLET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 TAMAN NEGERI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK_SHELA FEBRIANI_PGSD20 - 39_Shela Febriani_4E.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI_SHELAFEBRIANI_FULL (tanpa lampiran) - 39_Shela Febriani_4E.pdf Restricted to Hanya staf Download (1587Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_SHELA FEBRIANI_PGSD20 - 39_Shela Febriani_4E.pdf Download (1304Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis terkhusus pada mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) peserta didik kelas V karena pendidik belum menggunakan media pembelajaran yang variatif. Penelitian ini memanfaatkan teknologi terbaru untuk memvisualisasikan data dan informasi, serta menggunakan pendekatan kreatif dalam penyajian isi booklet seperti desain visual yang inovatif dan berstruktur lebih lengkap. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh implementasi media booklet terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Negeri 1 Taman Negeri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experimental design dan desain penelitian non equivalent control group design kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik non probability sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana menujukkan hasil positif sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi media booklet berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPAS peserta didik kelas V SD Negeri 1 Taman Negeri Tahun Ajaran 2023/2024. Kata kunci: berpikir kritis, booklet, IPAS The problem in this research is the low critical thinking skills, especially in the science and social sciences (Natural and Social Sciences) subjects of class V students because educators have not used varied learning media. This research utilizes the latest technology to visualize data and information, and uses a creative approach in presenting the contents of the booklet, such as an innovative visual design and a more complete structure. The aim of this research is to determine the effect of implementing booklet media on the critical thinking abilities of class V students at SD Negeri 1 Taman Negeri. The research method used is a quasi experimental design method and a non-equivalent control group research design, experimental group design and control group. Determining the research sample used non-probability sampling techniques. Data collection techniques in this research used test and non-test techniques. Hypothesis testing using a simple linear regression test shows positive results so it can be concluded that the implementation of booklet media has an effect on critical thinking skills in the science and science subject of class V students at SD Negeri 1 Taman Negeri for the 2023/2024 academic year. Keywords: critical thinking, booklet, IPAS
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 07:44 |
Terakhir diubah: | 21 Jan 2025 07:44 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81270 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |