PENGARUH KEPEMIMPINAN KETELADANAN BERBASIS TRILOGI PENDIDIKAN YANG DIMEDIASI KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENDIDIKAN ANTIKORUPSI

SULPAKAR, - (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN KETELADANAN BERBASIS TRILOGI PENDIDIKAN YANG DIMEDIASI KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENDIDIKAN ANTIKORUPSI. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] File PDF (ABSTRAK SULPAKAR)
open[1]

Download (865Kb)
[img] File PDF (FILE FULL SULPAKAR)
open[1]
Restricted to Hanya staf

Download (866Kb) | Minta salinan
[img] File PDF (FILE FULL TANPA BAB PEMBAHASAN)
open[1]

Download (865Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penyalahgunaan kekuasaan yang dikenal sebagai korupsi telah diakui secara global sebagai kejahatan luar biasa dan merupakan ancaman serius terhadap kehidupan bersama dalam suatu negara. Dampak yang dihasilkan dari tindakan ini tidak terbatas pada kerugian finansial bagi negara, melainkan juga dapat merusak norma-norma etika, keadilan, demokrasi, dan supremasi hukum. Salah satu langkah yang dapat dilakukan dalam upaya pemberantasan korupsi sejak dini di tingkat satuan pendidikan adalah melalui Pendidikan Antikorupsi (PAk). Pendidikan Antikorupsi (PAk) adalah program pendidikan tentang korupsi yang bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kepedulian peserta didik terhadap bahaya dan akibat dari tindakan korupsi. Target utama Pendidikan Antikorupsi (PAk) adalah memperkenalkan fenomena korupsi yang mencakup kriteria, penyebab dan akibatnya, meningkatkan sikap tidak toleran terhadap tindakan korupsi, serta berbagai kemungkinan usaha untuk melawan korupsi. Penelitian ini bertujuan memberikan wawasan tentang peran kepemimpinan keteladanan kepala sekolah berbasis trilogi pendidikan yang dimediasi oleh keterampilan manajerial kepala sekolah bagi keberhasilan Pendidikan Antikorupsi (PAk) di sekolah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif survey yang melibatkan responden sebanyak 392 guru. Responden dipilih menggunakan teknik multistage random sampling dari populasi guru yang bekerja pada jenjang SMA/SMK Negeri dan Swasta di provinsi Lampung. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik Structural Equation Modelling (SEM) dengan berbantuan aplikasi Amos versi-23. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) melalui kepemimpinan keteladanan berbasis trilogi pendidikan yang kuat, upaya pemberantasan korupsi melalui Pendidikan Antikorupsi dapat menjadi lebih efektif dan berkelanjutan; (2) kepemimpinan keteladanan berbasis trilogi pendidikan memiliki efek kuat dalam mempengaruhi perkembangan keterampilan manajerial seorang pemimpin; (3) keterampilan manajerial berperan dalam mengarahkan, mengorganisir, dan mengendalikan usaha pencegahan korupsi; (4) keterampilan manajerial memainkan peran yang signifikan dalam memediasi pengaruh kepemimpinan keteladanan berbasis trilogi pendidikan terhadap pendidikan antikorupsi. Kata kunci: kepemimpinan keteladanan, keterampilan manajerial, pendidikan antikorupsi. THE INFLUENCE OF EXAMPLE LEADERSHIP BASED ON THE EDUCATIONAL TRILOGY MEDIATED BY THE MANAGERIAL SKILLS OF THE SCHOOL PRINCIPAL ON ANTI-CORRUPTION EDUCATION Abuse of power known as corruption has been recognized globally as an extraordinary crime and poses a serious threat to collective life in a country. The impact resulting from this action is not limited to financial losses for the state, but can also damage ethical norms, justice, democracy and the supremacy of law. One step that can be taken in an effort to eradicate corruption from an early age at the education unit level is through Anti-Corruption Education (PAk). Anti-Corruption Education (PAk) is an educational program about corruption which aims to build and increase students' awareness of the dangers and consequences of acts of corruption. The main target of Anti-Corruption Education (PAk) is to introduce the phenomenon of corruption which includes the criteria, causes and consequences, increasing intolerant attitudes towards acts of corruption, as well as various possible efforts to fight corruption. This research aims to provide insight into the role of exemplary leadership of school principals based on the educational trilogy mediated by the principal's managerial Skills for the success of Anti- Corruption Education (PAk) in schools. This research is a quantitative survey research involving 392 teachers as respondents. Respondents were selected using a multistage random sampling technique from the population of teachers working at the public and private high school/vocational school levels in Lampung province. The collected data was then analyzed using the Structural Equation Modeling (SEM) technique with the help of the Amos version-23 application. The results of this research found that: (1) through exemplary leadership based on a strong educational trilogy, efforts to eradicate corruption through Anti-Corruption Education can become more effective and sustainable; (2) exemplary leadership based on the educational trilogy has a strong effect in influencing the development of a leader's managerial Skills; (3) managerial Skills play a role in directing, organizing and controlling corruption prevention efforts; (4) managerial Skills play a significant role in mediating the influence of exemplary leadership based on the educational trilogy on anti-corruption education. Key words: exemplary leadership, managerial Skills, anti-corruption education.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 379 Masalah kebijakan publik dalam pendidikan; peraturan-peraturan pendidikan
Program Studi: FKIP > Program Studi Doktor Pendidikan (S3)
Pengguna Deposit: UPT . Ery Elyasari
Date Deposited: 23 Jan 2025 02:42
Terakhir diubah: 23 Jan 2025 02:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81334

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir