ELSYAH , KURNIA (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CARD SORT DAN COUPLE CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
abstrak cetak - 12_Elsyah Kurnia_4E.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
File PDF
1. Skripsi Full Elsyah Kurnia - 12_Elsyah Kurnia_4E.pdf Restricted to Hanya staf Download (3637Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Skripsi Tanpa Bab IV Pembahasan_Elsyah Kurnia - 12_Elsyah Kurnia_4E.pdf Download (2639Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Margajaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan penggunaan media card sort dan couple card terhadap kemampuan berpikir kritis IPAS peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 52 orang peserta didik. Data dianalisis menggunakan uji regresi sederhana dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media card sort dan couple card terhadap kemampuan berpikir kritis IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Margajaya tahun ajar 2023/2024 dan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis IPAS antara kelas eksperimen dengan media card sort yang memiliki pengaruh lebih tinggi dibandingan dengan kelas kontrol yang menggunakan media couple card sehingga media card sort dan couple card dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: berpikir kritis, card short, couple card, dan IPAS The problem in this study is the low critical thinking ability of fourth grade students of SD Negeri 1 Margajaya. This study aims to determine the effect and differences in the use of card sort media and couple cards on the critical thinking skills of IPAS students. The method used in this research is quasi experimental with a non-equivalent control group design. The population and sample in this study were obtained through purposive sampling technique with a total sample of 52 students. Data were analyzed using simple regression test and t-test. The results showed that there was an effect of card sort media and couple cards on the critical thinking skills of IPAS fourth grade students of SD Negeri 1 Margajaya in the 2023/2024 academic year and there were differences in IPAS critical thinking skills between experimental classes with card sort media which had a higher effect than the control class using couple card media so that card sort media and couple cards can be used as an alternative learning model that can improve students' critical thinking skills. Keywords: card sort, couple card, critical thinking, and social science
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 03:04 |
Terakhir diubah: | 23 Jan 2025 03:39 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81337 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |