ELOK , ETIKA PUTRI (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK_ELOK ETIKA PUTRI - 11_Elok Etika Putri_6E.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN_ELOK ETIKA PUTRI - 11_Elok Etika Putri_6E.pdf Restricted to Hanya staf Download (2158Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN_ELOK ETIKA PUTRI - 11_Elok Etika Putri_6E.pdf Download (2001Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan kolaborasi peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Sumberagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara model project based learning berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan kolaborasi. Metode pada penelitian ini adalah true experimental design dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 48 orang peserta didik dan seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi dan angket yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model project based learning berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan kolaborasi peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 1 Sumberagung. Manfaat dalam penelitian ini adalah model project based learning berbasis kearifan lokal dapat digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi peserta didik. Kata kunci: kearifan lokal, kemampuan kolaborasi, project based learning. The problem in this study is the low collaboration skills of fourth grade students of SD Negeri 1 Sumberagung. This study aims to determine the positive and significant effect between the project-based learning model based on local wisdom on collaboration skills. The method in this research is true experimental design with quantitative research type. Data collection techniques used observation, questionnaires, and documentation studies. The population in this study amounted to 48 students and the entire population was used as a research sample. Data collection instruments in the form of observation sheets and questionnaires that have previously been tested for validity and reliability. Data analysis using simple linear regression. The results showed that there was a significant influence between the project-based learning model based on local wisdom on the collaboration skills of students in IPAS class IV SD Negeri 1 Sumberagung. The benefit of this research is that the project-based learning model based on local wisdom can be used in learning to improve students' collaboration skills. Keywords: local wisdom, collaboration skills, project based learning.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 03:33 |
Terakhir diubah: | 23 Jan 2025 03:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81349 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |