Angga, Wirayuda (2024) STRATEGI MEDIA PODCAST BERBASIS PROBLEM SOLVING DALAM MEMBANGUN KINERJA GURU DAN DAMPAKNYA DALAM MEMINIMALISIR STRES KERJA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .
File PDF (ABSTRAK)
open[1] Download (867Kb) |
|
File PDF (FILE FULL Angga Wirayuda )
open[1] Restricted to Hanya staf Download (865Kb) | Minta salinan |
|
File PDF (FILE FULL TANPA BAB PEMBAHASAN Angga Wirayuda )
open[1] Download (865Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk 1) menghasilkan media podcast berbasis problem-solving yang efektif untuk membantu proses membangun kinerja kerja guru, 2) mengetahui dan menganalisis efek dari strategi koping berbasis problem-solving dapat membantu membentuk kinerja kerja yang baik pada guru dengan penggunaan media podcast dan 3) mengetahui dan menganalisis bahwa media podcast dapat digunakan untuk meminimalisir stres kerja guru. Metode penelitian ini menggunakan R&D model ADDIE. Dengan subjek penelitian seluruh guru Sekolah Menengah Pertama Bahasa Inggris di Yayasan Xaverius Bandar Lampung yang berjumlah 5 guru. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) efektivitas penggunaan media podcast menunjukan nilai signifikan, berdasarkan hasil lapangan menunjukan jika guru yang diberikan perlakuan berupa treatment memiliki dampak positif dalam peningkatan kinerja kerja dan pengurangan stres kerja. Hal ini dibuktikan juga dengan nilai sig (2- tailed) < 0,05 yang ditafsirkan secara signifikan Ha diterima dan Ho ditolak, 2) Strategi koping berbasis problem- solving dapat membantu dalam membangun kinerja kerja yang baik pada guru dengan penggunaan media podcast, karena guru dapat menemukan penyelesaian masalah mereka dengan mendengarkan audio podcast tersebut dan membentuk serta menerapkan koping stres mereka masing-masing juga membentuk kinerja kerja yang baik untuk diri mereka, dan 3) podcast berperan penting dalam membantu guru mengelola stres kerja melalui tiga cara yakni menyediakan strategi praktis manajemen stres dan kesehatan mental, menjadi wadah berbagi pengalaman dan cerita inspiratif sesama guru, dan memfasilitasi pengembangan keterampilan serta pengetahuan baru untuk meningkatkan efektivitas mengajar, sehingga mengurangi sumber stres kerja. Kata Kunci: Podacst, Problem-Solving, Stres Kerja Guru, Kinerja Kerja, Strategi Koping ABSTRACT This development research aims to 1) produce effective problem-solving based podcast media to assist the process of forming teacher work performance, 2) determine and analyze the effects of problem-solving based coping strategies in helping to create a good work climate for teachers using podcast media, and 3) determine and analyze that podcast media can be used to minimize teacher work stress. This research method uses the ADDIE model of R&D. The research subjects were all English teachers at Xaverius Foundation Junior High School in Bandar Lampung, totaling 5 teachers. The results of this study show 1) the effectiveness of using podcast media shows significant value, based on field results showing that teachers given treatment have a positive impact on improving work performance and reducing work stress. This is also evidenced by the sig (2-tailed) value < 0.05, which is interpreted as Ha being significantly accepted and Ho rejected, 2) Problem- solving based coping strategies can help in forming a good work climate for teachers using podcast media, as teachers can find solutions to their problems by listening to the podcast audio and forming and applying their respective stress coping strategies as well as forming good work performance for themselves, and 3) podcasts play an important role in helping teachers manage work stress through three ways: providing practical stress management and mental health strategies, becoming a platform for sharing experiences and inspirational stories among fellow teachers, and facilitating the development of new skills and knowledge to improve teaching effectiveness, thereby reducing sources of work stress. Keywords: Podcast, Problem-Solving, Teacher Work Stress, Work Performance, Coping Strategy
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 06:44 |
Terakhir diubah: | 23 Jan 2025 06:44 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81392 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |