Rifki , Kukuh Fajar Pangestu (2024) NALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL MENGGUNAKAN APLIKASI PTV VISSIM (STUDI KASUS: JALAN PULAU SEBESI – JALAN HI. MADANG – JALAN PROF. DR. HAMKA). FAKULTAS TEKNIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.
File PDF (ABSTRAK)
open[1] Download (866Kb) |
|
File PDF (FILE FULL Rifki Kukuh Fajar Pangestu)
open[1] Restricted to Hanya staf Download (866Kb) | Minta salinan |
|
File PDF (FILE FULL TANPA BAB PEMBAHASAN Rifki Kukuh Fajar Pangestu)
open[1] Download (870Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Persimpangan Jalan Pulau Sebesi – Jalan Hi. Madang – Jalan Prof. Dr. Hamka terletak di lokasi yang cukup strategis, menyebabkan kejenuhan arus lalu lintas di daerah persimpangan pada saat jam sibuk. Dilakukan analisis kinerja simpang untuk menentukan solusi yang tepat menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia tahun 2023 dan aplikasi PTV Vissim. Hasil dari analisis menggunakan metode PKJI 2023 adalah tundaan 11,86 detik/kendaraan. Pada analisis Vissim didapatkan tundaan lengan Utara 24,25 detik; Selatan 30,2 detik; Barat 19,01 detik; Timur 10,76 detik; serta node simpang 18,4 detik. Peluang antrian pada metode PKJI 2023 adalah 34,77% – 16,72%. Tingkat pelayanan pada metode PKJI 2023 adalah B, sedangkan pada aplikasi Vissim tingkat pelayanan yang dihasilkan adalah C. Rekomendasi PKJI 2023 adalah memasang rambu lalu lintas seperti rambu dilarang parkir maupun dilarang berhenti di sekitar lokasi persimpangan guna menghindari terjadinya kemacetan. Rekomendasi aplikasi PTV Vissim yaitu melakukan pelebaran 2 meter di setiap lengan persimpangan, didapatkan hasil tundaan pada lengan Selatan 3,97 detik dengan tingkat pelayanan A; Utara 4,75 detik dengan tingkat pelayanan A; Barat 10,65 detik dengan tingkat pelayanan B; Timur 11,72 detik dengan tingkat pelayanan B; dan node simpang 9,46 detik dengan tingkat pelayanan A. Kata Kunci: Persimpangan, Kinerja Simpang, PKJI 2023, PTV Vissim. ABSTRACT PERFORMANCE ANALYSIS OF AN UNSIGNALIZED INTERSECTION USING PTV VISSIM APPLICATION (CASE STUDY: INTERSECTION OF PULAU SEBESI STREET - HI. MADANG STREET - PROF. DR. HAMKA ABSTRACT The intersection of Jalan Pulau Sebesi, Jalan Hi. Madang, and Jalan Prof. Dr. Hamka is strategically located, causing traffic congestion during peak hours. An intersection performance analysis was conducted using the Indonesian Road Capacity Guidelines (PKJI) 2023 and the PTV Vissim application. The PKJI 2023 method showed a delay of 11.86 seconds/vehicle. Vissim analysis found delays of 24.25 seconds for the North arm, 30.2 seconds for the South arm, 19.01 seconds for the West arm, 10.76 seconds for the East arm, and 18.4 seconds for the intersection node. The queue probability using PKJI 2023 was 34.77% – 16.72%. The level of service was B with PKJI 2023, and C with Vissim. PKJI 2023 recommended installing no parking and no stopping signs around the intersection to prevent congestion. The PTV Vissim recommended a 2-meter widening of each intersection arm, resulting in delays of 3.97 seconds on the South arm (level of service A), 4.75 seconds on the North arm (level of service A), 10.65 seconds on the West arm (level of service B), 11.72 seconds on the East arm (level of service B), and 9.46 seconds at the intersection node (level of service A). Keywords: Intersection, Intersection Performance, PKJI 2023, PTV Vissim.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan |
Program Studi: | Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 07:03 |
Terakhir diubah: | 23 Jan 2025 07:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81396 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |