Dinnia , sabrina mufti (2024) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2023/2024. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
File PDF (ABSTRAK)
open[1] Download (866Kb) |
|
File PDF (FILE FULL Dinnia sabrina mufti)
open[1] Restricted to Hanya staf Download (866Kb) | Minta salinan |
|
File PDF (FILE FULL TANPA BAB PEMBAHASANDinnia sabrina mufti)
open[1] Download (866Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian adalah mengenai penyesuaian diri siswa yang rendah di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri di sekolah pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitaif dengan pendekatan korelasional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 269 siswa dengan metode simple random sampling sebanyak 160 sampel. Pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan emosional yang diadaptasi dari SSEIT (Schutte Scale Emotional Intelegence Test) dan skala penyesuaian diri. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri. Nilai korelasi rhitung 0,637 > rtabel 0,155 dengan taraf sig p 0,000 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional siswa maka semakin tinggi pula penyesuaian diri di sekolah begitupun sebaliknya. Kata kunci: bimbingan konseling, kecerdasan emosional, penyesuaian diri The problem in the study is about low student self-adjustment at school. This study aims to determine the relationship between emotional intelligence and school adjustment in class XI students of SMA Negeri 1 Sukoharjo. The research method used is quantitative method with correlational approach. The population in this study amounted to 269 students with a simple random sampling method of 160 samples. Data collection using emotional intelligence scale adapted from SSEIT (Schutte Scale Emotional Intelligence Test) and self-adjustment scale. The data analysis technique used is product moment correlation. The results of this study indicate that there is a positive relationship between emotional intelligence and self-adjustment. The correlation value r count 0.637> r table 0.155 with a sig level of 0.000, so Ho is rejected and Ha is accepted. The results of this study can be concluded that the higher the emotional intelligence of students, the higher the self-adjustment at school and vice versa. Keywords: counselling guidance, emotional intelligence, self-adjustment
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Teknologi Informasi |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 08:08 |
Terakhir diubah: | 23 Jan 2025 08:08 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81404 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |