DINAMIKA POPULARITAS PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN (PPP) DI LAMPUNG BARAT

Wahyudi , Ichsan Jaya (2024) DINAMIKA POPULARITAS PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN (PPP) DI LAMPUNG BARAT. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3067Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1887Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perolehan suara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dalam tiga pemilu terakhir di Kabupaten Lampung Barat fluktuatif. Perolehan suara pada Pemilu 2019 meningkat pesat dibandingkan dengan pada Pemilu 2014, namun menurun drastis pada Pemilu 2024. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor penyebab dinamika popularitas PPP di Lampung Barat Pasca Pemilihan Umum 2019 dan 2024 menggunakan empat indikator pelembagaan partai politik, yaitu pengakaran di masyarakat, otonomi, organisasi, dan koherensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengakaran PPP di masyarakat pada Pemilu 2019 telah baik. Pergeseran demografis dan perubahan preferensi pada pemilih pemula menjadi tantangan PPP pada tahun 2024. 2) PPP memiliki hubungan erat dengan masyarakat, mampu mengenalkan nilai-nilai partai dan menyelesaikan masalah internal tanpa melibatkan pihak luar. Namun, pada tahun 2024, popularitas PPP di Lampung Barat menghadapi dilema yang disebabkan oleh tekanan internal maupun pengaruh organisasi eksternal. 3) PPP memiliki struktur organisasi di tingkat Pengurus Anak Cabang (PAC) dan Ranting yang terbentuk di 10 dari lima daerah pemilihan, yang menjadi ujung tombak keberhasilan PPP pada pemilu sebelumnya, bahkan berhasil mengamankan dua kursi di DPRD Lampung Barat. Pembinaan terhadap PAC dan Ranting melemah pada Pemilu 2024 dan hal itu melemahkan efektivitas organisasi partai di tingkat akar rumput. 4) Strategi kampanye PPP pada pemilu 2019 dinilai efektif, menggunakan pendekatan door-to-door dan media sosial secara intensif untuk menjangkau pemilih muda serta segmen pemilih lainnya. Namun, pada tahun 2024, terjadi penurunan intensitas dan visibilitas kampanye PPP. Kata kunci: Popularitas, Partai Persatuan Pembangunan, Pemilu 2024

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Magister Ilmu Pemerintahan
Pengguna Deposit: 2308846773 . Digilib
Date Deposited: 24 Jan 2025 06:56
Terakhir diubah: 24 Jan 2025 06:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81425

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir