Miranda , Citra Haryani (2024) IMPLEMENTASI LKPD IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SDN 106 KRUI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
File PDF (ABSTRAK)
open[2] Download (865Kb) |
|
File PDF (FILE FULL )
open[1] Restricted to Hanya staf Download (865Kb) | Minta salinan |
|
File PDF (FILE FULL TANPA PEMBAHASAN)
open[2] Download (866Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V pada pembelajaran IPA, belum diterapkannya LKPD berbasis Problem Based Learning pada pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterlaksanaan implementasi LKPD IPA berbasis Problem-Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas V UPT SD Negeri 106 Krui. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian non-equivalent control group design dan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan jenis teknik convenience sampling. Populasi penelitian ini sebanyak 46 orang dengan sampel sebanyak 31 orang. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes yang berupa soal essay dan lembar observasi. Implementasi LKPD IPA berbasis Problem Based Learning dengan pengujian hipotesis menggunakan uji beda rata- rata (independent sampel t test) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,01 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan pada nilai kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen dan kontrol setelah mengimplementasikan LKPD IPA berbasis Problem based learning pada kelas V SDN 106 Krui tahun ajaran 2023/2024. Kata Kunci: LKPD, IPA, Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis. The problem in this study is the low critical thinking skills of class V students in science learning, Problem Based Learning LKPD has not been applied in science learning. The purpose of this study was to determine the implementation of Problem-Based Learning-based science LKPD implementation on critical thinking skills in class V UPT SD Negeri 106 Krui students. The method used is a quasi-experiment method with a non-equivalent control group design and quantitative research type. This research sampling technique uses a type of convenience sampling technique. The population of this study were 46 people with a sample of 31 people. Data collection techniques with test and non-test techniques in the form of essay questions and observation sheets. Implementation of Problem Based Learning based science LKPD with hypothesis testing using an average difference test (independent sample t test) with a significance level of 0.01 <0.05. So it can be concluded that there is a significant average difference in the value of critical thinking skills in experimental and control classes after implementing Problem- based learning-based science LKPD in class V SDN 106 Krui in the 2023/2024 academic year. Keywords: LKPD, Science, Problem Based Learning, Critical Thinking
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Teknologi Informasi |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 01:25 |
Terakhir diubah: | 24 Jan 2025 01:25 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81430 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |