Yuni , Sugihati (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SIRAH DI MARKAZUL QURAAN. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
File PDF (ABSTRAK Yuni Sugihati)
open[1] Download (96Kb) |
|
File PDF (FILE FULL Yuni Sugihati)
open[1] Restricted to Hanya staf Download (96Kb) | Minta salinan |
|
File PDF (FILE FULL TANPA BAB PEMBAHSAN)
open[1] Download (96Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini merupakan penelitan pengembangan yang bertujuan untuk: 1) menganalisis potensi dan kondisi pengembangan video pembelajaran berbasis powtoon untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Sirah, 2) menganalisis proses pengembangan video pembelajaran berbasis powtoon, 3) menganalisis efektivitas pengembangan video pembelajaran berbasis powtoon, dan 4) menganalisis kemenarikan produk pengembangan video pembelajaran berbasis powtoon untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Sirah di Markazul Quraan Baitun Najaah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Borg and Gall dengan pendekatan ADDIE, dengan jumlah populasi 40 orang santri/wati Markazul Quraan Baitun Najaah. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, instrumen, revisi produk awal, uji coba produk terbatas, angket uji kemenarikan dan tes formatif. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan, (1) Berdasarkan analisis potensi dan kondisi di Markazul Quraan Baitun Najaah diperlukan pengembangan media untuk mengatasi permasalahan pembelajaran Sirah khususnya dalam meningkatkan hasil belajar. (2) Proses pengembangan video melibatkan validasi ahli media sebesar 94,1% (sangat menarik), ahli materi 91,25% (sangat menarik), serta validasi desain sebesar 95,2% (sangat menarik). (3) Efektivitas dari penggunaan modul dikategorikan berdasarkan perhitungan nilai rata-rata N-Gain pretest dan posttest pada media video powtoon mendapat hasil 0,71 dengan klasifikasi efektif yang artinya media pembelajaran berbasis video powtoon efektif untuk di implementasikan pada pembelajaran sirah di Markazul Quraan Baitun Najaah. (4) Selanjutnya kemenarikan dari pengembangan media pembelajaran berbasis video powtoon untuk meningkatkan hasil belajar santri/wati Markazul ii Quraan Baitun Najaah dengan persentase 91,68% yang menyatakan tingkat kemenarikan sangat menarik. Kata Kunci: Video Pembelajaran, Video Powtoon, Sirah, Pengembangan Media Pembelajaran. iii ABSTRACT DEVELOPING POWTOON-BASED INSTRUCTIONAL VIDEOS TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES IN THE SUBJECT OF SIRAH AT MARKAZUL QURAAN BAITUN NAJAAH By Yuni Sugihati This research is a development study aimed at: 1) analyzing the potential and conditions for developing Powtoon-based instructional videos to improve learning outcomes in Sirah subjects, 2) analyzing the process of developing Powtoon-based instructional videos, 3) analyzing the effectiveness of developing Powtoon-based instructional videos, and 4) analyzing the attractiveness of the developed Powtoon-based instructional video products to improve learning outcomes in Sirah subjects at Markazul Quraan Baitun Najaah. The method used in this research employs the Borg and Gall method with the ADDIE approach, with a population of 20 students of Markazul Quraan Baitun Najaah. Data collection methods included interviews, observations, documentation, instruments, initial product revisions, limited product trials, attractiveness questionnaires, and formative tests. The data analysis technique used is descriptive statistics. The research results show that: (1) Based on the analysis of the potential and conditions at Markazul Quraan Baitun Najaah, media development is needed to address learning problems in Sirah, especially in improving learning outcomes. (2) The video development process involves media expert validation at 94.1% (very attractive), material expert validation at 91.25% (very attractive), and design validation at 95.2% (very attractive). (3) The effectiveness of using the module is categorized based on the average N-Gain value calculation of pretest and posttest on Powtoon video media, resulting in 0.71 with an effective classification, meaning that Powtoon-based instructional media is effective to be implemented in Sirah learning at Markazul Quraan Baitun Najaah. (4) Furthermore, the attractiveness of the developed Powtoon-based instructional media to improve students' learning outcomes at Markazul Quraan Baitun Najaah is 91.68%, indicating a very attractive level of attractiveness. Keywords: Instructional Video, Powtoon Video, Sirah, Media Development.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 200 Agama 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 02:35 |
Terakhir diubah: | 24 Jan 2025 02:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81440 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |