Shintia , Febri Iwanda (2024) STRUKTUR BIAYA, HARGA POKOK PRODUKSI DAN SALURAN PEMASARAN TELUR AYAM RAS PADA PETERNAKAN AYAM RAS SETIAWAN FARM DI KECAMATAN GADINGREJO. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
File PDF (ABSTRAK SHINTIA FEBRI IWANDA)
open[5] Download (96Kb) |
|
File PDF (FILE FULL SHINTIA FEBRI IWANDA)
open[8] Restricted to Hanya staf Download (96Kb) | Minta salinan |
|
File PDF (FILE FULL TANPA BAB PEMBAHASAN)
open[5] Download (96Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: struktur biaya produksi peternakan telur ayam ras Setiawan Farm di Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu, harga pokok produksi peternakan telur ayam ras Setiawan Farm di Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu, dan saluran pemasaran telur ayam ras di peternakan Setiawan Farm di Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan dilakukan di Peternakan Ayam Petelur Setiawan Farm Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja, dengan pertimbangan Peternakan Ayam Petelur Setiawan Farm di Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu baru berdiri beberapa tahun terakhir dan belum pernah dilakukan penelitian di lokasi tersebut. Responden dalam penelitian ini adalah pemilik, karyawan dan pelaku pemasaran yang ada di lokasi sesuai dengan alurnya. Jumlah karyawan pada Peternakan Ayam Petelur Setiawan Farm adalah 1 orang tenaga kerja luar keluarga dan 2 orang tenaga kerja dalam keluarga. Waktu pengumpulan data dilakukan pada bulan Mei 2023. Hasil penelitian ini adalah: Struktur biaya usaha peternakan Ayam Petelur Setiawan Farm terdiri dari biaya tetap sebesar 2% dan biaya variabel sebesar 98%, komponen biaya terbesar dalam kegiatan produksi peternakan terdapat pada biaya pakan fase layer dengan persentase 74%. Harga pokok produksi telur ayam di Peternakan Ayam Petelur Setiawan Farm dengan metode full costing adalah Rp 21.190,00/kg. Peternakan ayam petelur Setiawan Farm mempunyai tiga saluran pemasaran yaitu: saluran 0: Peternak Konsumen, saluran 1: Peternak Pedagang Pengecer Konsumen, saluran 2: Peternak Pedagang Pengumpul Pedagang Pengecer Konsumen. Saluran 0 memberikan PS 100%, sedangkan saluran 1 dan 2 hanya 90%. Kata kunci : harga pokok produksi, saluran pemasaran, struktur biaya ABSTRACT COST STRUCTURE, COST OF PRODUCTION and MARKETING CHANNELS RACING CHICKEN EGGS at SETIAWAN FARM BREEDING CHICKEN FARM in GADINGREJO DISTRICT PRINGSEWU DISTRICT By SHINTIA FEBRI IWANDA The purpose of this research is to determine: the production cost structure of Setiawan Farm purebred chicken eggs in Gadingrejo District, Pringsewu Regency, the cost of production of Setiawan Farm purebred chicken eggs in Gadingrejo District, Pringsewu Regency, and the marketing channels for purebred chicken eggs in Setiawan Farm farms in the District. Gadingrejo, Pringsewu Regency. This research used the case study method and was conducted at the Setiawan Farm Laying Chicken Farm, Gadingrejo District, Pringsewu Regency. The location was chosen deliberately, with the consideration that the Setiawan Farm Laying Chicken Farm in Gadingrejo District, Pringsewu Regency was only established in the last few years and research had never been carried out at that location. Respondents in this research are owners, employees and marketing actors at the location according to the flow. The number of employees at the Setiawan Farm Laying Chicken Farm is 1 worker outside the family and 2 workers within the family. The data collection time was carried out in May 2023. The results of this research are: The cost structure of the Setiawan Farm Laying Chicken farming business consists of fixed costs of 2% and variable costs of 98%. The largest cost component in livestock production activities is in the layer phase feed costs with a percentage of 74%. Cost of production for producing chicken eggs at the Setiawan Farm Laying Chicken Farm using the full costing method is IDR 21,190.00/kg. The Setiawan Farm laying hen farm has three marketing channels that is: channel 0: Breeders Consumer, channel 1: Breeders Traders Retailers Consumers, channel 2: Breeders Traders Collectors Traders Retailers Consumers. Channel 0 provides PS 100%, while channels 1 and 2 only 90%. Keywords : cost of production, cost structure, marketing channels
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan |
Program Studi: | Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agribisnis |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 08:48 |
Terakhir diubah: | 24 Jan 2025 08:48 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81495 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |