NAHDLIYA , IZZATUL MUTAMMIMAH (2024) TINDAK ASERTIF PADA PODCAST DEDDY CORBUZIER DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - nahdliya izza.pdf Download (179Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL - nahdliya izza.pdf Restricted to Hanya staf Download (688Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - nahdliya izza.pdf Download (560Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah Tindak Asertif pada Podcast Deddy Corbuzier dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tindak asertif pada Podcast Deddy Corbuzier dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara simak dan catat. Data yang terkumpul diklasifikasikan sesuai dengan jenis tindak asertif untuk selanjutnya dianalisis secara mendalam menggunakan teknik analisis data heuristik. Sumber data penelitian ini adalah video Podcast Deddy Corbuzier. Fungsi komunikatif yang dominan pada podcast ini adalah fungsi komunikatif mengeluh. Sebagian besar penutur merasa sedih, kecewa, kasihan, atau tidak tega dengan kondisi yang dialami semua elemen masyarakat Indonesia pada masa pandemi Covid-19 sehingga tuturan asertif mengeluh ditemukan paling banyak dalam penelitian ini dengan jumlah rincian 28 data. Fungsi komunikatif yang paling sedikit pada podcast ini adalah fungsi komunikatif menuntut dan menyarankan. Narasumber menyampaikan perintah untuk mematuhi protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19 dan memberi saran untuk tetap mengurangi aktivitas di luar rumah. Berdasarkan kelangsungan dan keliteralannya, tuturan langsung literal dominan dalam penelitian ini sebab ditemukan penanda lingual pada setiap tuturan dan tidak memerlukan dugaan sementara yang merujuk pada konteks dalam pendekatan heuristik untuk mengetahui makna ucapan. Ditemukan 116 data tuturan yang mengandung asertif. Penelitian ini dapat diimplikasikan pada berbagai aktivitas berbahasa di dalam kelas. Kajian ini akan diimplikasikan pada kegiatan belajar mengajar bahasa Indonesia kelas X. Pemanfaatannya diwujudkan dalam bentuk materi pembelajaran yang tercantum dalam RPP dengan KD 3.13 yakni menganalisis isi debat (permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan) serta 4.13 yakni mengembangkan permasalahan /isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat. Video Podcast Deddy Corbuzier dapat ditampilkan di depan kelas menggunakan LCD proyektor, sedangkan transkrip percakapan yang memuat tindak asertif dapat dibagikan saat pendidik memberi penugasan proyek kepada siswa. Kata Kunci : tindak asertif, Podcast Deddy Corbuzier.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 09:27 |
Terakhir diubah: | 24 Jan 2025 09:27 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81515 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |