Vianazir , Juwita Rahmi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA BERBANTU QR-CODE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MATERI BANGUN RUANG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
![]() |
File PDF (ABSTRAK Vianazir Juwita Rahmi)
open[1] Download (96Kb) |
![]() |
File PDF (FILE FULL Vianazir Juwita Rahmi)
open[1] Restricted to Hanya staf Download (96Kb) | Minta salinan |
![]() |
File PDF (FILE FULL TANPA BAB PEMBAHASAN)
open[1] Download (96Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Komik Matematika berbantuan QR-Code yang layak (valid, praktis dan efektif) dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain ADDIE. Populasi pada penelitian ini adalah Sekolah Dasar di SD Negeri 2 Pasuruan Lampung Selatan. Sampel penelitian ini adalah Siswa Kelas V. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik tes dan nontes. Kevalidan pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika berbantuan QR-Code berdasarkan penilaian dari 4 ahli yang memperoleh kategori sangat baik. Kepraktisan pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika berbantuan QR-Code berdasarkan tanggapan guru dan siswa memperoleh kategori sangat baik. Keefektifan pengembangan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan uji effect size memperoleh skor Cohen’s d 0,72 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis Media Pembelajaran Komik Matematika berbantuan QR-Code yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. Kata kunci: Komik, Media Pembelajaran, Pemecahan Masalah Matematis, QR- Code iii ABSTRACT DEVELOPMENT OF QR-CODE-ASSISTED MATHEMATICS COMICS LEARNING MEDIA TO IMPROVE SKILLS STUDENT MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING BUILDING SPACE MATERIALS By Vianazir Juwita Rahmi This research and development was aimed to develop decent QR-Code-assisted Mathematics Comics Learning Media (valid, practical and effective) with the aim of improving the mathematical problem solving ability of elementary school students. This development research was edused the ADDIE design. The population in this study was elementary school at SD Negeri 2 Pasuruan, South Lampung. The sample of this study was Class V Students. Data collection techniques in this study were test and non-test techniques. The validity of the development of QR-Code-assisted Mathematics Comics Learning Media based on the assessment of 4 experts who obtained very good category. The practicality of developing QR-Code-assisted Mathematics Comics Learning Media based on educator and students response to obtain excellent categories. The effectiveness of development to improve mathematical problem solving skills using the effect size test obtained Cohen's d score of 0.72 in the middle category. Based on the results of the analysis of QR-Code-assisted Mathematics Comic Learning Media which was developed valid, practical and effective to improve the mathematical problem solving ability of elementary school students. Keywords: Mathematical Problem Solving, Learning Media, Comics, QR-Code
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 25 Jan 2025 02:55 |
Terakhir diubah: | 25 Jan 2025 02:55 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81539 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |