ZALFA , SALSABILA (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN RODA PUTAR HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
![]() |
File PDF (ABSTRAK ZALFA SALSABILA)
open[2] Download (96Kb) |
![]() |
File PDF (FILE FULL ZALFA SALSABILA)
open[1] Restricted to Hanya staf Download (96Kb) | Minta salinan |
![]() |
File PDF (FILE FULL TANPA BAB PEMBAHASAN)
open[2] Download (96Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media permainan roda putar huruf terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Panjang Bandar Lampung. Jenis pendekatan penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji wilcoxon signed rank test. Hasil nilai N-Gain menunjukkan pada kelas eksperimen sebesar 0,85 yang memiliki arti bahwa pengaruh penggunaan media permainan roda putar huruf terhadap kemampuan membaca permulaan berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa didapatkan selisih rata-rata nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen yang diberi perlakuan lebih besar dibandingkan dengan selisih rata-rata nilai pre-test dan post-test kelas kontrol. Kata Kunci: Roda Putar Huruf, Membaca, Anak ABSTRACT THE INFLUENCE OF THE USE OF LETTER ROTATING WHEEL GAME MEDIA ON THE ABILITY TO READ THE BEGINNINGS OF CHILDREN AGED 5-6 YEARS By ZALFA SALSABILA This study aims to determine the effect of the use of letter rotating wheel game media on the ability to read the beginnings of children aged 5-6 years at Aisyiyah Bustanul Athfal Panjang Kindergarten, Bandar Lampung. This type of research approach is quantitative with a quasi-experimental type of research. The research design used is nonequivalent control group design. The data collection technique used was observation. The data analysis technique used in this study was the Wilcoxon signed rank test. The results of the N-Gain value show that the experimental class is 0.85, which means that the effect of using the letter rotating wheel game media on beginning reading skills is in the high category. The results showed that the average difference between the pre-test and post-test scores of the experimental class treated was greater than the average difference between the pre-test and post-test scores of the control class. Keywords: Letter Spin Wheel, Reading, Children.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Anak Usia Dini |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 25 Jan 2025 05:12 |
Terakhir diubah: | 25 Jan 2025 05:12 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81554 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |