INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI E-COURT (Studi pada Pengadilan Negeri Gunung Sugih Kelas I B)

MUFTIA , ARIFFATUL FAUZIAH (2024) INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI E-COURT (Studi pada Pengadilan Negeri Gunung Sugih Kelas I B). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] File PDF (ABSTRAK MUFTIA ARIFFATUL FAUZIAH)
open[1]

Download (96Kb)
[img] File PDF (FILE FULL MUFTIA ARIFFATUL FAUZIAH)
open[1]
Restricted to Hanya staf

Download (96Kb) | Minta salinan
[img] File PDF (FILE FULL TANPA BAB PEMBAHASAN)
open[1]

Download (96Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Lembaga peradilan hadir untuk menyelesaikan persoalan-persoalan hukum yang ada dimasyarakat Mahkamah Agung dituntut untuk memberikan pelayanan berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Regulasi di atas menjadi dasar bagi Mahkamah Agung dan lembaga peradilan dibawahnya untuk menyelenggarakan peradilan yang sederhana, cepat dan berbiaya ringan. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat perlunya ada terobosan – terobosan baru. Mahkamah Agung RI mengeluarkan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 7 Tahun 2022 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan secara Elektronik untuk mendukung terwujudnya tertib administrasi perkara dan persidangan di pengadilan yang sederhana, cepat dan berbiaya ringan. Di masa pandemi Covid-19 dimana segala kebijakan pembatasan kegiatan diberlakukan, maka dengan adanya e-court diharapkan perkara yang diajukan masyarakat dapat segera terselesaiakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi dan kekurangan inovasi dalam layanan e- court. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis penelitian ini menggunakan lima indikator inovasi pelayanan publik menurut Rogers. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa inovasi e-court sangat mempercepat layanan untuk masyarakat dikarenakan masyarakat bisa mengakses dimana saja dan kapan saja tanpa harus mendatangi Pengadilan Negeri Gunung Sugih Kelas 1B. Sarana dan prasarana layanan online sudah menunjang dan memadai. Namun penelitan ini juga menemukan kendala yang dihadapi dalam pelakasanaan inovasi e-court yaitu masih terdapat masyarakat yang tidak dapat menggunakan teknologi dan kurangnya pemahaman masyarakat mengenai prosedur atau mekanisme e-court. Kata Kunci: Inovasi, Pelayanan Publik, e-court ABSTRACT PUBLIC SERVICE INNOVATION THROUGH E-COURT (Study at Gunung Sugih Class I B District Court) BY: MUFTIA ARIFFATUL FAUZIAH Judicial institutions are present to resolve legal issues in the community. The Supreme Court is required to provide services based on Law Number 25 Year 2009 on Public Services. The above regulation becomes the basis for the Supreme Court and the judicial institutions under it to organize a simple, fast and low-cost justice. Along with the rapid development of technology, there needs to be a breakthrough - a new breakthrough. The Supreme Court of the Republic of Indonesia issued Supreme Court Regulation Number 7 of 2022 concerning Electronic Administration of Cases and Trials in Court to support the realization of orderly administration of cases and trials in courts that are simple, fast and low cost. During the Covid-19 pandemic where all activity restriction policies are enforced, it is hoped that with the e-court, cases filed by the public can be resolved immediately. This research aims to analyze the innovation and lack of innovation in e-court services. This research uses descriptive qualitative research method. Data were obtained from interviews, observation, and documentation. This research analyzes five indicators of public service innovation according to Rogers. The results of this study show that e-court innovation greatly accelerates services for the community because people can access anywhere and anytime without having to visit the Gunung Sugih Class 1B District Court. Facilities and infrastructure Keywords: Innovation, Public Service, e-court.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 25 Jan 2025 15:00
Terakhir diubah: 25 Jan 2025 15:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81575

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir