ARBI , LAKSANA MARGA (2024) ANALISIS KINERJA SIMPANG EMPAT BERSINYAL (Studi Kasus Jalan Soekarno Hatta Bypass Campang Raya Kota Bandar Lampung). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
![]() |
File PDF (ABSTRAK ARBI LAKSANA MARGA)
open[1] Download (96Kb) |
![]() |
File PDF (FILE FULL ARBI LAKSANA MARGA)
open[1] Restricted to Hanya staf Download (96Kb) | Minta salinan |
![]() |
File PDF (FILE FULL TANPA BAB PEMBAHASAN)
open[1] Download (96Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Semakin meningkat pertumbuhan penduduk dari luar daerah menuju Bandar Lampung, berdampak pada tingginya kebutuhan akan pelayanan transportasi dan meningkatnya jumlah kendaraan pribadi. Hal ini berdampak pada problematika transportasi yang berupa kemacetan, tundaan, dan antrian pada ruas-ruas jalan serta persimpangan di Kota Bandar Lampung. Untuk menanggulangi permasalahan ini dapat dilakukan pengaturan lalu lintas maupun membenahi pelayanan ruas-ruas jalan agar dapat memenuhi kebutuhan pengguna jalan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja simpang bersinyal di Kota Bandar Lampung. Simpang yang dianalisis terletak pada persimpangan Jalan Soekarno Hatta - Jalan Alimudin Umar - Jalan Kalibalau Kencana. Hasil pengamatan awal menunjukkan bahwa pada simpang tersebut sering terjadi kemacetan karena padatnya arus lalu lintas maupun gangguan pada ruas jalan, terutama pada saat jam sibuk. Pada penelitian ini sendiri menggunakan metode yang digunakan adalah Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014, dan, menggunakan metode pemodelan Vissim. Hasil analisis menunjukkan bahwa simpang ini memiliki derajat kejenuhan yang masih layak dan dapat ditingkatkan dengan pengaturan ulang waktu siklus. Pengaturan tersebut mengurangi tundaan dan panjang antrian pada lengan pendekat simpang. Simpang ini memiliki tingkat pelayanan (Level of Service) D. Kata kunci: Simpang, Tundaan, Vissim, PKJI 2014. ABSTRACT ANALISIS KINERJA SIMPANG EMPAT BERSINYAL (Studi Kasus Jalan Soekarno Hatta Bypass Campang Raya Kota Bandar Lampung) By: ARBI LAKSANA MARGA The increasing population growth from outside the region towards Bandar Lampung has an impact on the high need for transportation services and the increasing number of private vehicles. This has an impact on transportation problems in the form of congestion, delays and queues on roads and intersections in Bandar Lampung City. To overcome this problem, traffic regulations can be carried out and road services can be improved so that they can meet the needs of road users optimally. This research aims to analyze the performance of signalized intersections in Bandar Lampung City. The intersection analyzed is located at the intersection of Jalan Soekarno Hatta - Jalan Alimudin Umar - Jalan Kalibalau Kencana. Initial observation results show that at this intersection there are often traffic jams due to heavy traffic flow and disruption to the road, especially during rush hour. In this research, the method used is the 2014 Indonesian Road Capacity Guidelines (PKJI), and, using the Vissim modeling method. The analysis results show that this intersection has a reasonable degree of saturation and can be improved by resetting the cycle time. This arrangement reduces delays and queue length at the intersection approach arm. This intersection has a level of service (Level of Service) D. Keywords: Intersection, Dellay, Vissim, PKJI 2014
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan |
Program Studi: | Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 03:00 |
Terakhir diubah: | 30 Jan 2025 03:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81613 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |