Dhea , Andini (2024) IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) PADA APLIKASI BRI MOBILE BANKING. HUKUM , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak - Dhea Andini.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
judul 1 fix-digabungkan - Dhea Andini.pdf Restricted to Hanya staf Download (2640Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
judul 1 fix-digabungkan-1 - Dhea Andini.pdf Download (2121Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Perkembangan Artificial Intelligence (AI) membawa banyak manfaat dalam kehidupan manusia, salah satunya di bidang perbankan. Aplikasi BRI Mobile (BRImo) menjadi salah satu bukti produk berbasis AI yang diluncurkan oleh bank BRI untuk mempermudah kegiatan dalam bertransaksi atau kegiatan perbankan lainnya. Namun, AI tidak selamanya memberikan dampak positif, ada dampak negatif yang ditimbulkan salah satunya adalah misinformasi. Penelitian ini mengkaji tentang implementasi Artificial Intelligence pada alat dalam aplikasi BRImo, dan mengenai tanggung jawab pihak bank atas penggunaan Artificial Intelligence jika terjadi misinformasi pada aplikasi BRI mobile. Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan. Data yang digunakan adalah data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan. Pengolahan data dengan cara pemeriksaan data, klasifikasi data, dan sistematika data, serta dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, AI telah berhasil diimplementasikan dengan baik pada aplikasi BRI Mobile, hal ini ditandai dengan adanya fitur-fitur seperti Chatbot Sabrina, Optical Character Recognition (OCR) dan Verifikasi Identitas melalui Login Fingerprint dan Face Recognition serta Pembayaran QRIS, Financial Planning melalui fitur Catatan keuanganmo dan pemantauan investasi dengan fitur Aset KSEI. Pihak bank bertanggung jawab secara penuh atas penggunaan Artificial Intelligence jika kasus misinformasi pada aplikasi BRI Mobile memenuhi unsur-unsur Perbuatan Melawan Hukum dalam Pasal 1365 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata yakni perbuatan melawan hukum, kesalahan, kerugian, dan hubungan kausalitas. Serta penerapan prinsip tanggung jawab no fault liability principle. Kata Kunci : Implementasi, Artificial Intelligence, BRI Mobile. The development of Artificial Intelligence (AI) brings many benefits in human life, one of which is in the banking sector. The BRI Mobile (BRImo) application is one proof of AI-based products launched by BRI bank to facilitate activities in transactions or other banking activities. However, AI does not always have a positive impact, there are negative impacts, one of which is misinformation. This research examines the implementation of Artificial Intelligence on tools in the BRImo application, and regarding the responsibility of the bank for the use of Artificial Intelligence in the event of misinformation in the BRI mobile application. This research is a normative legal research with descriptive research type. The approach used is a statutory approach. The data used is secondary data. Data collection is done by literature study. Data processing by examining data, classifying data, and systematizing data, and analyzed qualitatively. Based on the results of research and discussion, AI has been successfully implemented properly in the BRI Mobile application, this is indicated by the existence of features such as Chatbot Sabrina, Optical Character Recognition (OCR) and Identity Verification through Fingerprint Login and Face Recognition and QRIS Payment, Financial Planning through the Catatan Keuanganmo feature and investment monitoring with the KSEI Asset feature. The bank is fully responsible for the use of Artificial Intelligence if the case of misinformation in the BRI Mobile application fulfills the elements of tort in Article 1365 of the Civil Code, namely tort, fault, loss, and causal relationship. As well as the application of the principle of no fault liability principle. Keywords: Implementation, Artificial Intelligence, BRI Mobile
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum |
Program Studi: | Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1 |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 08:22 |
Terakhir diubah: | 30 Jan 2025 08:22 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81677 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |