EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SiMaYang BERBASIS ETNOSAINS NYERUIT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI ASAM DAN BASA

Dea , Aprila Gardinia (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SiMaYang BERBASIS ETNOSAINS NYERUIT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI ASAM DAN BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3240Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3148Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran SiMaYang berbasis etnosains nyeruit untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi asam dan basa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 1 Terusan Nunyai tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan teknik cluster random sampling didapatkan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI 5 sebagai kelas eksperimen dan XI 3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji perbedaan dua rata-rata dengan uji Independent Samples t-Test dan uji effect size terhadap keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-gain KPS pada kelas eksperimen sebesar 0,60 dan pada kelas kontrol sebesar 0,47, sehingga pada kedua kelas memiliki kategori n- gain sedang. Hasil analisis data tersebut menunjukkan terdapat perbedaan rata- rata n-gain KPS yang menggunakan model pembelajaran SiMaYang berbasis etnosains nyeruit lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional, dan terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SiMaYang berbasis etnosains nyeruit efektif untuk meningkatkan KPS siswa pada materi asam dan basa, dan hasil pengujian effect size menunjukkan 0,88 atau dengan kata lain 88% peningkatan KPS dipengaruhi oleh model pembelajaran SiMaYang berbasis etnosains nyeruit pada materi asam dan basa dengan kriteria besar. Kata kunci : asam dan basa, etnosains nyeruit, keterampilan proses sains, model pembelajaran SiMaYang

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308832172 . Digilib
Date Deposited: 31 Jan 2025 08:06
Terakhir diubah: 31 Jan 2025 08:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81734

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir