PENGARUH PEMBELAJARAN PJBL TERINTEGRASI DENGAN STEM TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI

Sarwinda Tita Kusuma, Wardani (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN PJBL TERINTEGRASI DENGAN STEM TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_SARWINDA TITA KUSUMA WARDANI.pdf

Download (213Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL_SARWINDA TITA KUSUMA WARDANI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1573Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN_SARWINDA TITA KUSUMA WARDANI.pdf

Download (1380Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran PjBL terintegrasi dengan STEM terhadap hasil belajar kognitif dan self-efficacy peserta didik pada materi bioteknologi. Penelitian dilaksanakan pada semester genap di SMPN 3 Ketapang. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan teknik pretest-posttest non-equivalent control group design. Sampel penelitian ini berjumlah 58 peserta didik yang terdiri dari kelas 9C sebagai kelas kontrol untuk metode pembelajaran diskusi saintifik, dan kelas 9D sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran PjBL terintegrasi dengan STEM. Data hasil belajar kognitif didapatkan dari hasil ¬pretest-posttest yang kemudian dianalisis menggunakan teknik Independent Sample T-test dengan bantuan SPSS Statistic Version 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 0,05 didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,00 <0,05 yang berarti H0 ditolak. Sedangkan data self-efficacy diperoleh dari hasil perhitungan lembar angket self-efficacy peserta didik. Hasil analisis kemampuan self-efficacy pada kelas eksperimen mendapat skor 77,5% pada indikator level dengan kategori “tinggi”, 68,27% pada indikator strength dengan kategori “cukup tinggi” dan 64,65% pada indikator generality dengan kategori “sedang”. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh skor 52,08% pada indikator level dengan kategori “sedang”, 47,83% pada indikator strength dengan kategori “cukup rendah”, dan 47,16% pada indikator generality dengan kategori “cukup rendah”. Selain itu didapatkan hasil uji effect size sebesar 3,49 dengan kriteria “tinggi”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran PjBL terintegrasi dengan STEM terhadap hasil belajar kognitif dan self-efficacy peserta didik pada materi bioteknologi. Kata kunci :Bioteknologi, Hasil Belajar Kognitif, PjBL-STEM, Self-Efficacy

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308610330 . Digilib
Date Deposited: 03 Feb 2025 02:16
Terakhir diubah: 03 Feb 2025 02:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81813

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir