PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (STUDI PADA GENERASI Z PENGGUNA TOKOPEDIA DI BANDAR LAMPUNG)

Yoris , Sihombing (2024) PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (STUDI PADA GENERASI Z PENGGUNA TOKOPEDIA DI BANDAR LAMPUNG). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
REVISI ABSTRAK - Gembox 1040.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
REVISI FULL SKRIPSI - Gembox 1040.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2067Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
REVISI SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Gembox 1040.pdf

Download (1587Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Di era digital, aktivitas belanja online kian marak di semua kalangan, khususnya generasi Z. Dikenal sebagai generasi internet, mereka menjadi motor penggerak utama dalam tren belanja online. Namun, di balik kegemaran ini, generasi Z memiliki kecenderungan untuk melakukan pembelian impulsif. Kecenderungan ini didorong oleh dua faktor utama yaitu dorongan belanja hedonis dan penawaran menarik seperti promo dan diskon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belanja Hedonis dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif pada Generasi Z pengguna Tokopedia di Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal dan populasi penelitian adalah generasi Z pengguna Tokopedia di Bandar Lampung. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar menggunakan media sosial WhatsApp, Instagram, Twitter dan barcode pada 100 responden. Teknik sampel menggunakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif, kemudian uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis dengan menggunakan regresi linier berganda, dan uji hipotesis yaitu uji t, uji F serta uji koefisien determinasi (R2 ) dengan menggunakan SPSS 25. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Motivasi Belanja Hedonis dan Promosi Penjualan berpengaruh positif signifikan terhadap Pembelian Impulsif sebesar 36,5% dan sisanya 63,5% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Kata Kunci: Motivasi Belanja Hedonis, Promosi Penjualan, Pembelian Impulsif, Gen Z In the digital era, online shopping is becoming more prevalent among all groups, especially Generation Z. Known as the internet generation, they are the main driving force in the online shopping trend. However, behind this craze, generation Z has a tendency to make impulse purchases. This tendency is driven by two main factors, namely hedonic shopping urges and attractive offers such as promos and discounts. This study aims to determine the effect of Hedonic Shopping Motivation and Sales Promotion on Impulse Purchases in Generation Z Tokopedia users in Bandar Lampung. This study uses a quantitative approach with a causal associative research type and the research population is Generation Z Tokopedia users in Bandar Lampung. Data was collected through questionnaires distributed using social media Whatsapp, Instagram, Twitter and barcodes to 100 respondents. The sample technique uses nonprobability sampling with purposive sampling technique. The data collected was then analyzed descriptively, then validity test, reliability test, classical assumption test, analysis using multiple linear regression, and hypothesis testing, namely t test, F test and coefficient of determination (R2) test using SPSS 25. The results of this study indicate that the variables of Hedonic Shopping Motivation and Sales Promotion have a significant positive effect on Impulse Purchases of 36.5% and the remaining 63.5% is influenced by other variables. Keywords: Hedonic Shopping Motivation, Sales Promotion, Impulse Buying, Gen Z

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 03 Feb 2025 04:35
Terakhir diubah: 03 Feb 2025 04:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81837

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir