PENGGUNAAN MEDIA FILM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI

Arawinda , Olatta (2024) PENGGUNAAN MEDIA FILM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_ Arawinda Olatta - Arawinda Olatta.pdf

Download (221Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL Skripsi (Tanpa Lampiran Isi)_ ARAWINDA OLATTA - Arawinda Olatta.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1601Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FULL Skripsi (Tanpa BAB Pembhasan)_ ARAWINDA OLATTA - Arawinda Olatta.pdf

Download (1726Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis narasi peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis narasi dengan menggunakan media film pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Merbau Mataram Tahun Ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 46 peserta didik, kemudian dipilih sampel sebanyak 22 peserta didik dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis narasi dengan menggunakan media film pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Merbau Mataram Tahun Ajaran 2023/2024. Kata kunci : penggunaan media film, keterampilan menulis, menulis narasi The problem in this study is the low narrative writing skills of grade V elementary school students. The purpose of the study was to determine the improvement of narrative writing skills by using film media for fifth grade students of SD Negeri 2 Merbau Mataram in the 2023/2024 Academic Year. The method used was pre- experimental with a one group pretest-posttest design. The population of this study were all fifth grade students totaling 46 students, then a sample of 22 students was selected using purposive sampling technique, namely sampling with certain considerations. Data collection techniques were carried out through interviews, observations, tests, and documentation. The data analysis used was paired sample t-test. The results showed that there was an increase in narrative writing skills by using film media in fifth grade students of SD Negeri 2 Merbau Mataram in the 2023/2024 Academic Year. Keywords: use of film media, writing skills, narrative writing

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 04 Feb 2025 02:53
Terakhir diubah: 04 Feb 2025 02:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81925

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir