PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM JUAL BELI AKUN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS: BANG-BANG MELALUI MARKETPLACE ITEMKU

GAGAS, NATANEGARA (2025) PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM JUAL BELI AKUN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS: BANG-BANG MELALUI MARKETPLACE ITEMKU. FAKULTAS HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (145Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1659Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1565Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perkembangan game online telah menjadi salah satu sektor ekonomi yang paling berpengaruh, Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) menjadi game online yang paling populer dan mendominasi pasar game mobile, terdapat unsur kekayaan virtual, yang membuatnya dapat diperjualbelikan, dalam praktiknya terdapat peristiwa penarikan kembali akun milik konsumen oleh penjual walaupun sudah ada sistem anti hack-back yang diterapkan oleh marketplace Itemku. Permasalahan penelitian ini adalah: (1) mekanisme transaksi jual beli akun game online Mobile Legends: Bang-Bang melalui marketplace Itemku (2) perlindungan hukum terhadap konsumen dalam jual beli akun game online Mobile Legends: Bang-Bang melalui marketplace Itemku. Penelitian ini menggunakan metode normatif-empiris terapan dengan pendekatan perundang-undangan. Pengumpulan data menggunakan dua metode yaitu metode studi kepustakaan, mempelajari bahan-bahan pustaka yang relevan dengan permasalahan, dan metode wawancara kepada pihak terkait. Kemudian data diolah serta dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa mekanisme transaksi jual beli akun Mobile Legends di Itemku, dimulai ketika penjual mendaftarkan akun mereka, hingga masuk dalam display marketplace. Pembeli mencari akun sesuai preferensi yang diinginkan hingga melakukan proses pembayaran. Kurangnya verifikasi kelengkapan data akun yang dijual dalam marketplace Itemku, menyebabkan terjadinya peristiwa wanprestasi yaitu mengambil kembali akun yang sudah dijual (hack-back) oleh penjual. Perlindungan hukum yang disediakan itemku adalah sistem escrow, jaminan anti hack-back, pengembalian dana, dan penyelesaian sengketa melalui layanan customer service. Terdapat upaya perlindungan hukum preventif dan represif yang bisa di dapat oleh konsumen, untuk memastikan bahwa hak konsumen terlindungi jika mengalami kerugian. Undang-undang Perlindungan Konsumen menawarkan dua jalur penyelesaian sengketa yaitu melalui penyelesaian di luar pengadilan (nonlitigasi) dan penyelesaian di pengadilan (litigasi). Kata kunci: Perlindungan Konsumen, Game Online, Itemku

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum > 346 Hukum privat, hukum perdata
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: 2308087661 . Digilib
Date Deposited: 04 Feb 2025 03:42
Terakhir diubah: 04 Feb 2025 03:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81937

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir