STUDI DESKRIPTIF KECERDASAN MAJEMUK ANAK USIA DINI DI KECAMATAN GEDONG TATAAN

Miftahul , Nurjannah (2024) STUDI DESKRIPTIF KECERDASAN MAJEMUK ANAK USIA DINI DI KECAMATAN GEDONG TATAAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak Skripsi_Miftahul Nurjannah_1853054006 - M N.pdf

Download (182Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Bab 1-5_Miftahul Nurjannah_1853054006 - M N.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2814Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Bab 1,2,3,5_Miftahul Nurjannah_1853054006 - M N.pdf

Download (2657Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kecerdasan majemuk pada anak usia dini di TK kecamatan Gedong Tataan. Adapun subyek dari penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 90 dari 6 TK yang berada di Kecamatan Gedong Tataan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi kecerdasan majemuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 75 anak dari 90 anak yang ditelilti, nilai rata-rata dari kecerdasan majemuk yaitu kecerdasan verbal-linguistik, kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual- spasial, kecerdasan musikal, kecerdasan kinestetik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan naturalis, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan eksistensial dengan hasil presentase 83,33%. Dari hasil di yang telah dipaparkan menunjukan bahwa perkembangan kecerdasan majemuk anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Gedong Tataan sudah berkembang dengan baik. Kata kunci: kecerdasan majemuk, anak usia dini This research aims to determine the development of multiple intelligences in early childhood in kindergartens in Gedong Tataan sub-district. The subjects of this research were 90 children aged 5-6 years from 6 kindergartens in Gedong Tataan District. The sampling technique in this research is cluster random sampling. The data collection technique used was the multiple intelligence observation sheet. The results of the study showed that 75 children out of 90 children studied, the average value of multiple intelligences, namely verbal-linguistic intelligence, logical-mathematical intelligence, visual-spatial intelligence, musical intelligence, kinesthetic intelligence, interpersonal intelligence, naturalist intelligence, intrapersonal intelligence, and existential intelligence with a percentage of 83.33%. From the results that have been presented, it shows that the development of multiple intelligences of children aged 5-6 years in Gedong Tataan District has developed well. Keywords: multiple intelligence, early childhood

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 04 Feb 2025 03:27
Terakhir diubah: 04 Feb 2025 03:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81938

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir