Siska, Wulandari (2024) Penguatan Karakter Kedisiplinan pada Peserta Didik Kelas Rendah di UPTD SD Negeri Waringin Jaya. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF (File ini berisi abstrak dalam format PDF dengan ukuran standar A4. Teks menggunakan font Time New Roman ukuran 12 dengan spasi 1 sesuai panduan penulisan karya ilmiah Universitas Lampung. )
ABSTRAK_Siska Wulandari.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF (Dokumen berisi skripsi lengkap dari Bab 1 sampai dengan Bab 5 dalam format PDF.)
Skripsi Full Bab 1-5_Siska Wulandari.pdf Restricted to Hanya staf Download (2463Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF (Dokuemn berisi skripsi full tanpa Bab 4 dalam format PDF.)
Skripsi Tanpa Bab Pembahasan_Siska Wulandari_2013053001.pdf Download (1890Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah tingginya ketidakpatuhan pada kedisiplinan peserta didik di kelas rendah UPTD SD Negeri Waringin Jaya seperti datang terlambat ke sekolah, mengganggu teman saat mengerjakan tugas, membuat kegaduhan di kelas saat pembelajaran berlangsung, dan tidak menggunakan atribut sekolah lengkap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi proses penguatan karakter kedisiplinan pada peserta didik kelas rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu pendidik dan peserta didik dari kelas 1, 2, dan 3. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembiasaan berhasil diterapkan untuk meningkatkan disiplin sikap pada peserta didik kelas rendah. Metode ini efektif dalam mengatasi kegaduhan di kelas rendah karena peserta didik usia dini lebih mudah memahami dan mempraktikkan aturan melalui pengulangan dan rutinitas. Meskipun ketidakpatuhan pada aspek disiplin sikap masih menjadi kendala yang dominan dikelas rendah, penerapan pembiasaan secara konsisten, disertai dengan pemberian penghargaan atas perilaku positif, mampu membantu peserta didik kelas rendah mengembangkan pengendalian diri dan mematuhi aturan di dalam kelas. Kata kunci: Pendidikan, Penguatan Karakter, Kedisiplinan. The problem in this study was the high of non-compliance students' discipline in the early grades of UPTD SD Negeri Waringin Jaya such as coming late to the school, disturbing friends while doing assignment, making noise at class during learning, and did not wear complete school attributes. The study aims to find out how to implement the process of strengthening the disciplines character in early grades. The research was qualitative research by using descriptive analysis method. The data sources in this study are educators and students from grades 1,2, and 3. The data collection techniques in this study are interviews, observations, and documentation. The result of the study show that the habituation method has been successfully applied to improve attitude discipline at early-grades because early age students find it easier to understand and practice the rules through repetition and routine. Although non-compliance with the discipline aspect of attitude is still a dominant obstacle in the early-grades, the consistency of application habitation, accompanied by giving reward of positive behavior, can help early-grades students developt self-control and obey rules in the classroom. Keywords: Education, Character Strengthening, Discipline.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2308367428 . Digilib |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 07:55 |
Terakhir diubah: | 04 Feb 2025 07:55 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81952 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |