Muhammad Naufal, Al Ghany (2024) HUBUNGAN MINAT DAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 NATAR. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Muhammad Naufal Al Ghany.pdf Download (184Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL - Muhammad Naufal Al Ghany.pdf Restricted to Hanya staf Download (1204Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Muhammad Naufal Al Ghany.pdf Download (1047Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara minat dan gaya belajar dengan hasil belajar geografi peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Natar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ex-postfacto korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 143 peserta didik dan 59 peserta didik sebagai sampel penelitian yang diambil menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data menggunakan korelasi pearson product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa r hitung sebesar 0,752 > r tabel sebesar 0,214, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara variabel minat belajar dengan variabel hasil belajar geografi. Hasil penelitian uji hipotesis kedua menunjukkan bahwa r hitung sebesar 0,640 > r tabel sebesar 0,214, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara variabel gaya belajar dengan variabel hasil belajar geografi. Hasil penelitian uji hioptesis ketiga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara minat belajar dan gaya belajar dengan hasil belajar geografi peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Natar dengan nilai koefisien korelasi r sebesar 0,755 yang berada pada taraf kuat untuk signifikansi 10%. Kata kunci: gaya belajar, geografi, hasil belajar, minat belajar. The aim of this research is to determine whether or not there is a significant relationship between learning interest and learning style and the geography learning outcomes of class XI IPS students at SMA Negeri 1 Natar. The method used in this research is the ex-postfacto correlation method with a quantitative approach. The population in this study was 143 students and 59 students as research samples were taken using random sampling techniques. Data collection techniques use observation, documentation and questionnaires. Data analysis uses Pearson product moment correlation and multiple correlation. The results of the first hypothesis testing research show that the calculated r is 0.752 > r table is 0.214, meaning that there is a significant relationship between the learning interest variable and the geography learning outcome variable. The results of the second hypothesis testing research show that the calculated r is 0.640 > r table is 0.214, meaning that there is a significant relationship between the learning style variable and the geography learning outcome variable. The results of the third hypothesis test research show that there is a strong and significant relationship between learning interest and learning style and the geography learning outcomes of class XI IPS students at SMA Negeri 1 Natar with a correlation coefficient r of 0.755 which is at a strong level of 10% significance. Key words: learning styles, geography, learning outcomes, learning interests.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 600 Teknologi (ilmu terapan) 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan 900 Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 06:28 |
Terakhir diubah: | 04 Feb 2025 06:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81973 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |