PANDUAN DEMONSTRASI PENERAPAN TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN DENGAN PANEL SURYA DAN SUPERKAPASITOR UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

ELSA AYUNINGTHIAS, WAHYUDI (2024) PANDUAN DEMONSTRASI PENERAPAN TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN DENGAN PANEL SURYA DAN SUPERKAPASITOR UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
File Abstrak Elsa Ayuningthias Wahyudi - Elsa Ayuningthias W.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img] File PDF
File FULL SKRIPSI (Tanpa Lampiran Isi) - Elsa Ayuningthias W.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2297Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
File FULL SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN (Tanpa Lampiran Isi) - Elsa Ayuningthias W.pdf

Download (2008Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan panduan demonstrasi penerapan teknologi ramah lingkungan dengan panel surya dan superkapasitor untuk menstimulus keterampilan berpikir kritis peserta didik. Panduan demonstrasi dikembangkan berdasarkan kompetensi dasar kelas IX pada Kurikulum 2013. Panduan demonstrasi ini juga dikembangkan dengan enam indikator berpikir kritis dari Facione (2015): interpretation, analysis, inference, evaluation, explanation, dan self-regulation. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Model pengembangan DDR (Richey & Klein) digunakan dengan empat tahapan yaitu analysis, design, development, dan evaluation. Hasil validitas kategori validasi media desain dan validasi materi konstruk memperoleh skor rata-rata 3,74 dengan kriteria sangat valid. Uji kepraktisan produk dinilai berdasarkan uji keterbacaan, uji persepsi guru, dan uji respon peserta didik di SMP Negeri 35 Bandar Lampung, panduan demonstrasi untuk guru memperoleh skor rata-rata 91,25% dengan kriteria sangat praktis dan panduan demonstrasi untuk peserta didik memperoleh skor rata-rata 92,75% dengan kriteria sangat praktis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa panduan demonstrasi yang dikembangkan valid dan praktis. Hasil penelitian ini dapat digunakan dalam pembelajaran IPA SMP untuk melatih peserta didik dalam menstimulus keterampilan berpikir kritis. Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Panduan Demonstrasi, Teknologi Ramah Lingkungan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Ery Elyasari
Date Deposited: 04 Feb 2025 10:42
Terakhir diubah: 04 Feb 2025 10:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82023

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir