PENGEMBANGAN LKPD PEMBELAJARAN NOVEL SEJARAH BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XII SMK/MK

Miftahul , Janah (2024) PENGEMBANGAN LKPD PEMBELAJARAN NOVEL SEJARAH BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XII SMK/MK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (ABSTRAK Miftahul Janah)
Abstrak - Miftahul Janah.pdf

Download (292Kb) | Preview
[img] File PDF (FILE FULL Miftahul Janah)
Tesis miftah full - Miftahul Janah.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (FILE TANPA BAB PEMBAHASAN Miftahul Janah)
Tesis miftah tanpa pembahasan - Miftahul Janah.pdf

Download (3267Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD novel sejarah berbasis model Project Based Learning untuk peserta didik Kelas XII SMK/MK, mendeskripsikan kelayakan LKPD novel sejarah berbasis Project Based Learning dan menguji efektivitas produk bahan ajar LKPD novel sejarah berbasis model Project Based Learning untuk peserta didik Kelas XII SMK/MK yang dikembangkan menggunakan metode penelitian pengembangan Borg and Gall Penelitian dilakukan di SMK Farmasi Cendikia Farma Husada Bandar Lampung kelas XIIA dan XIIB. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan penyebaran angket . Metode penelitian menggunakan desain penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi delapan dari sepuluh langkah dalam prosedur penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk awal (penilaian praktisi dan ahli), revisi awal, uji coba kelompok kecil, revisi kedua, uji coba lapangan kelompok besar dan penyempurnaan produk. Teknik analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 1) LKPD novel sejarah berbasis Project Based Learning untuk peserta didik kelas XII SMK/MK yang memuat materi dan soal evaluasi yang disusun berdasarkan sintak model problem based learning berhasil dikembangkan dan sudah divalidasi, 2) kelayakan LKPD secara keseluruhan dinyatakan “sangat layak” oleh ahli bahan ajar dengan persentase 87,86%, ahli materi dengan persentase 81.58%, dan praktisi dengan persentase 87,50%. Penilaian dari ketiga validator menyatakan LKPD novel sejarah berbasis Project Based Learning, sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, 3) berdasar pada perbandingan nilai pretest, posttest, dan N-gain dari penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) novel sejarah yang dikembangkan mendapat nilai sebesar 0,6 pada kelas XIIA dan 0,5 pada kelas XIIB. Nilai tersebut termasuk dalam kategori sedang sehingga efektif digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: LKPD, Novel Sejarah , Problem Based Learning

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 05 Feb 2025 02:58
Terakhir diubah: 05 Feb 2025 02:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82056

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir